Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Anggaran Rp 7 Triliun, Ini 4 Fokus Kementerian ESDM Tahun Depan

Kompas.com - 27/11/2020, 13:19 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mendapatkan anggaran sebesar Rp 7 triliun pada tahun 2021, setelah disetujui oleh DPR RI September lalu.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, tahun depan kondisi perekonomian masih akan dibayang-bayangi ketidakpastian.

Oleh karenanya, pelaksanaan anggaran tersebut siap dilakukan dengan mengedepankan fleksibilitas yang tetap transparan dan akuntabel.

"Pelaksanaan anggaran harus berpedoman pada prinsip reformasi anggaran," ujar Arifin dalam penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2021 ke 12 unit utama dan 32 satuan kerja di lingkungan Kementerian ESDM, Jumat (27/11/2020).

Baca juga: Soal Penghapusan Premium, Ini Kata Menteri ESDM

Lebih lanjut, Arifin meminta kepada seluruh unit lingkup Kementerian ESDM untuk menyiapkan identifikasi risiko setiap kegiatan yang dianggap penting.

Identifikasi risiko ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya pembatalan kegiatan seperti di tahun-tahun sebelumnya.

Arifin pun meminta seluruh unit segera menyusun rencana pelaksaan kegiatan secara rinci sesuai target yang ditetapkan.

"Lengkapi data untuk buka blokir dan segera lakukan tender sekarang supaya bisa langsung dieksekusi pekerjaannya di awal tahun 2021," katanya.

Arifin menyampaikan pemerintah menargetkan penyerapan anggaran ke depan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yakni untuk memulihkan perekonomian nasional.

"Ada empat fokus anggaran untuk menjadi perhatian kita bersama," katanya.

Keempat hal tersebut di antaranya penanganan kesehatan, perlindungan sosial, pemulihan ekonomi terutama untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan dunia usaha, serta reformasi struktural di bidang kesehatan, pendidikan, dan bantuan sosial.

Untuk itu, belanja pemerintah diharapkan menjadi penggerak utama dalam membangkitkan kembali roda perekonomian nasional, sehingga harus segera dibelanjakan agar masyarakat dapat segera merasakan manfaatnya.

Sebagai informasi total keseluruhan tender strategis Kementerian ESDM pada tahun 2021 sebanyak 196 paket dengan nilai Rp 3,4 triliun.

Tahap I dilaksanakan pada tahun 2020 sebanyak 139 Pkt/Rp 2,8 Triliun. Adapun Tender Tahap II yang dilaksanakan pada tahun 2021 adalah sebanyak 57 Pkt/Rp 599 Miliar.

Baca juga: Menteri ESDM Beberkan Strategi Pemerintah Gaet Minat Investasi EBT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com