Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Sukses Bisnis Online? Perhatikan Hal Ini

Kompas.com - 27/11/2020, 17:08 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini banyak hal yang bisa dilakukan dari rumah, salah satunya dengan memulai bisnis online.

Apalagi sejak ada pandemi, penggunaan digital membuka peluang yang sangat besar dalam bisnis online.

Senior Vice President Traffic Operation & Seller Engagement Lazada Indonesia Haikal Bekti Anggoro mengatakan, tidak ada pakem yang pasti yang bisa digunakan oleh pelaku usaha ketika ingin berjualan online. Hanya saja kunci utamanya adalah harus mau mencoba dan berevolusi.

"Kenapa tidak ada pakem? Karena setiap pebisnis pasti memiliki cara sendiri-sendiri untuk menyukseskan usaha onlinenya, tentu cara yang dibutuhkan juga berbeda. Ada pebisnis yang lebih mengutamakan volume dan ada yang lebih mengutamakan cuan. Pebisnis yang mengutamakan volume enggak masalah kalaupun marginnya tipis sementara sebaliknya ada yang lebih mengutamakan margin sehat walaupun orderan enggak banyak,"ujarnya saat diskusi webinar Lazada bersama iDea, Jumat (27/11/2020).

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnis Online Anda Meningkat di Tengah Pandemi

Lebih lanjut dia menjelaskan, pebisnis harus memerhatikan trimester pertama perkembangan bisnisnya. Layaknya ibu hamil yang selalu fokus memerhatikan kehamilannya selama 3 bulan pertama.

Menurut dia, apabila 3 bulan pertama kinerja tetap bagus, maka bisnis bisa berpeluang melonjak dengan cepat. Tetapi ketika 3 bulan pertama sedikit meleset, kecil kemungkinan bisnisnya bisa berkembang. "Makanya di 3 bulan pertama harus benar-benar dijaga," ucapnya.

Di samping itu pebisnis juga harus mau belajar dari kompetitor. Sebab ilmu bisnis bisa didapatkan dari mana saja, tak terkecuali dari kompetitor.

Lalu yang tak kalah penting lainnya adalah harus mau menggunakan fitur baru. Dia bilang fitur baru adalah alat yang bisa membantu meningkatkan penjualan.

"Seperti di Lazada ada fitur seperti promo, itu manfaatkan. Kalau bisa, setiap ada fitur yang baru, jadilah orang pertama yang mencoba fitur tersebut," ucap dia.

Baca juga: Jual Cicin Buat Modal, Caca Kini Raup Omzet hingg Rp 50 Juta dari Bisnis Anyaman Purun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com