Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Antisipasi Banjir, Luhut Wanti-wanti soal Klaster Baru Covid-19

Kompas.com - 30/11/2020, 17:33 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan berharap, tidak ada klaster baru virus corona (Covid-19) akibat bencana banjir.

Sebab kata Luhut, bencana banjir kerap membuat banyak masyarakat mengungsi. Berkumpulnya masyarakat di tempat pengungsian dikhawatirkan menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19.

“Diharapkan tidak akan menimbulkan klaster baru dari adanya gelombang pengungsian sehingga perlu ditekankan bahwa setiap masyarakat harus saling jaga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Senin (30/11/2020).

Pemerintah kata dia, akan menerapkan metode Tactical Floor Game (TFG) untuk mengantisipasi banjir akibat fenomena La Nina di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Baca juga: Patimban Mulai Beroperasi Desember 2020, Menhub Ingin Ekspor yang Lebih Besar

Hal tersebut disampaikan Luhut dalam rapat koordinasi menghadapi bencana banjir tahun 2020-2021 yang digelar di Jakarta, hari ini.

Tactical floor game adalah taktik militer yang bisa kita terapkan untuk dapat berkoordinasi terkait peran dari setiap pihak selama masa antisipasi perkiraan bencana banjir di DKI Jakarta mendatang,” kata dia.

Luhut menjelaskan, TFG dilakukan untuk memperjelas peran dari setiap kementerian dan lembaga agar dapat memaksimalkan sumber dayanya dalam antisipasi dan pembuatan strategi untuk perkiraan bencana banjir.

Dalam kegiatan ini semua pihak telah menentukan strategi dan koordinasi ke depan.

Kementerian Kesehatan juga akan dilibatkan untuk mengedukasi masyarakat di pengungsian agar selalu menerapkan protokol cuci tangan, penggunaan masker, dan jaga jarak.

“Mari kita jadikan kegiatan TGF ini sebagai momentum untuk memulai aksi, tindakan, dan kerja bersama antara stakeholder terkait untuk mengurangi risiko bencana banjir demi membangun bangsa yang tangguh,” kata dia.

Kegiatan antisipasi banjir ini dihadiri langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Juliari P. Batubara, Kepala BNPB Doni Monardo, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dan Asops Panglima TNI. 

Baca juga: Realisasi Anggaran Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Capai Rp 431,54 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com