Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Buang Jauh Ego Sektoral, Jangan Bangun Tembok Tinggi-tinggi

Kompas.com - 03/12/2020, 11:40 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta Kementerian/Lembaga (K/L) untuk bergerak cepat dalam mengatasi situasi krisis yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Jokowi mengatakan dalam masa pemulihan, setiap K/L harus mampu membuang ego sentrisme antar lembaga. Artinya, setiap K/L harus mampu bersinergi untuk menghasilkan solusi dalam menangani krisis akibat pandemi.

"Dalam siutasi krisis seperti ini kita harus mampu bergerak cepat dan tepat buang jauh-jauh ego sektoral, ego sentrisme lembaga," jelas Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2020, Kamis (3/12/2020).

Baca juga: Hindari Tumpang Tindih, Jumlah Jabatan Eselon I di Kementerian/Lembaga Tak Ditambah

Dia pun meminta setiap K/L untuk berbagai beban dan berbagai tanggung jawab dalam menangani krisis. Dengan demikian, Indonesia bisa bertransformasi menjadi kekuatan ekonomi baru, baik di tingkat regional maupun global.

"Jangan membangun tembok tinggi-tinggi, berlindung di balik otoritas masing-masing," ujar dia.

Jokowi juga mengungkapkan, Indonesia telah melewati masa titik terendah dari krisis akibat Covid-19. Indonesia telah berada pada titik balik untuk kembali membaik dengan tren yang positif.

Baca juga: Jokowi Sentil Kementerian, Lembaga, dan Pemda yang Lambat Serap Anggaran Belanja

Hal itu didukung oleh kasus kinerja pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2020 yang meski masih menunjukkan kontraksi, namun lebih baik dibanding kuartal sebelumnya.

Pada kuartal III, pertumbuhan ekonomi tercatat sebesar minus 3,49 persen, sementara pada kuartal II kontraksi terjadi cukup dalam, yakni sebesar 5,32 persen.

"Artinya telah melewati titik terendahnya, titik baluk menuju membaik. Trennya positif membaik dan dengan momentum ini saya yakin kita akan bergerak lagi ke arah positif pada kuartal IV dan seterusnya," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com