Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Menaker Saat Dinyatakan Positif Covid-19, Terkejut karena Merasa Sehat

Kompas.com - 05/12/2020, 20:01 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah tengah menjalani perawatan untuk kembali pulih setelah dinyatakan positif Covid-19. Ia pun membagikan kisah saat terpapar virus corona.

Ida menceritakan, empat hari yang lalu dirinya melakukan PCR test atau swab test, hasilnya ia dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Dirinya pun mengaku kaget dengan hasil itu, lantaran merasa kondisi fisik dalam keadaan baik.

"Awalnya saya terkejut karena saya merasa sehat-sehat saja, dan kalau toh ada gejala flu, batuk-batuk saya menganggap gejala ringan sebagai flu biasa," kisahnya dalam video singkat yang diterima Kompas.com, Minggu (5/12/2020).

Baca juga: Menaker: Jangan Pernah Meremehkan Covid-19

Namun pada akhirnya kenyataan tersebut bisa diterima oleh Ida. Ia segera mengikuti seluruh arahan dokter, termasuk untuk melakukan isolasi mandiri guna mengantisipasi terjadinya transmisi virus corona yang lebih luas.

Kini kesibukannya fokus dengan menjalankan ibadah hingga berolahraga ringan guna mengembalikan imunitas tubuh untuk melawan virus tersebut.

"Sebaik-baiknya kita menjaga stamina, menjaga kesehatan, menjaga kebersihan, dan menjaga jarak, tetap saja Covid-19 kemungkinan datang menghampiri kita. Itu takdir, kita semua tidak bisa menolaknya," ungkap Ida.

Seiring dengan dirinya yang positif Covid-19, maka seluruh staf yang selama ini mendampingi Ida dalam menjalankan tugas turut dilakukan swab test. Kabar baiknya, seluruh staf tersebut dinyatakan sehat atau negatif Covid-19.

Ia berpesan, untuk setiap orang yang mengalami kondisi sama dengan dirinya, agar tidak panik dan jangan ragu untuk bisa sembuh, serta terus berpikiran optimis. Tentunya dengan dibarengi mengikuti saran dan petunjuk dokter.

"Harus yakin kita bisa melampauinya, karena saya sudah merasakannya. Saya ketika mendapatkan berita bahwa positif Covid-19, saya kaget, tapi saya meyakini bahwa saya bisa kembali sehat, tentu saja dengan tetap mengikuti saran dan petunjuk dokter," jelas dia.

Ida pun berterima kasih pada setiap pihak yang telah membantu dan menyemangatinya untuk lekas sembuh, Ia juga meminta, untuk masyarakat sama-sama mendoakan agar pandemi Covid-19 segera usai.

"Kita harus selalu melakukan ikhtiar, tapi juga saya ingatkan untuk kita memohon kepada Allah agar Covid-19 segera sirna dari bumi Indonesia," tutup Ida.

Baca juga: Menaker: Generasi Milenial Jangan Cepat Puas Diri...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com