Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkat Pengangguran Menurun, Namun AS Hanya Serap 245.000 Tenaga Kerja Pada November

Kompas.com - 06/12/2020, 09:09 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber CNN

NEW, YORK, KOMPAS.com - Tingkat penyerapan tenaga kerja di Amerika Serikat sangat lamban, dan diperkirakan butuh waktu 40 bulan untuk mengembalikan pasar tenaga kerja pulih dari dampak pandemi Covid-19.

Dilansir dari CNN, Minggu (6/12/2020) Biro Statisktik Ketenagakerjaan AS melaporkan, perekonomian Negeri Paman Sam secara bulanan hanya menambah 245.000 pekerjaan pada bulan November.

Jumlah tersebut merosot 224.000 bila dibandingkan proyeksi para ekonom. Selain itu, jumlah tersebut jauh lebih rendah dari realisasi pada Oktober lalu yang mencapai 610.000 pekerjaan.

Baca juga: Jumlah Pengangguran Meningkat, 778.000 Penduduk AS Minta Tunjangan ke Pemerintah

Tingkat pengangguran di Amerika Serikat menurun dari 6,7 persen pada bulan November menurun dari bulan Oktober lalu yang sebanyak 6,9 persen.

Namun hal itu terjadi lantaran lebih banyak orang yang tak lagi diperhotungkan sebagai tenaga kerja di bulan November. Jumlah orang yang tidak diperhitungkan sebagai tenaga kerja mencapai 3,9 juta orang lantaran mereka dinilai menghindar dari mencari kerja akibat pandemi.

Selama delapan bulan Covid-19 membuat perekonomian di AS nyaris terhenti, dan sempat mengalami perbaikan pada bulan-bulan musim panas. Proses pemulihan ekonomi di AS nampaknya kian kehilangan daya.

"Hal itu menginfirmasi kita masih berada di tengah krisis ekonomi dan pekerjaan terburuk dalam sejaran moderen," jelas Presiden terpilih Joe Biden.

Jumlah pekerjaan di AS masih merosot 9,8 juta bila dibandingkan periode Februari lalu, ketika masa krisis baru dimulai.

Baca juga: Jokowi: Indonesia Dihadapkan pada Besarnya Pengangguran, Harus Bergerak Cepat

Jumlah tersebut lebih besar bila dibandingkan periode resesi besar. Bila proses penyerapan tenaga kerja masih sama seperti saat ini, diperkirakan masih butuh waktu hingga Maret 2024 untuk membuat pasar tenaga kerja kembali pulih ke masa sebelum pandemi.

Sektor ritel yang sempat pulih ketika musim panas mencatatkan penurunan jumlah pekerjaan sebanyak 35.000 lantaran sektor usaha tersebut hanya merekrut sebagian kecil pekerja musiman untuk masa libur akhir tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com