Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang 2020, Rumah Senilai Rp 1 Miliar Paling Laris Dijual Lippo Karawaci

Kompas.com - 14/12/2020, 17:01 WIB
Ade Miranti Karunia,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Director CEO PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) John Riady memastikan segmen properti dalam waktu satu atau dua tahun terakhir kembali bersinar.

Khususnya didorong oleh peningkatan daya beli dan juga tingkat kepemilikan rumah.

Di perusahaan Lippo Karawaci, rumah yang laris terjual dalam tahun ini merupakan hunian dengan harga pasaran golongan menengah atas seharga Rp 1 miliar hingga 2 miliar.

Baca juga: Sahamnya Diakuisisi 40 Persen, Realtegic Group Dapat Modal Penuhi Backlog Rumah

"Kita melihat Lippo Karawaci selama setahun terakhir dari marketing sales kami adalah penjualan rumah dari price segment Rp 1 miliar sampai Rp 2 miliar, merupakan pembeli perdana atau end user yang menjadi mesin demand dalam industri properti," kata John melalui public expose virtual, Senin (14/12/2020).

Cerahnya kembali pasar properti ini kedepannya, menurut John dipengaruhi dua faktor, urbanisasi dan tingkat kepemilikan rumah.

Jika melihat 2-5 tahun ke depan akan menjadi suatu tren pendorong dari kenaikan momentum yang sangat baik dari industri properti.

"Kalau kita melihat di Indonesia seiring dengan peningkatan ekonomi dan juga PDB per kapita yang terus selama 10-20 tahun terakhir. Kita melihat tingkat urbanisasi juga mulai naik. Khususnya, tingkat kepemilikan rumah di Indonesia masih relatif rendah," ujar John.

"Di kita masih 48 persen, dibandingkan dengan negara lain seperti Vietnam, Malaysia, bahkan India. Kita masih jauh di belakang," sambung dia.

Baca juga: Harga Mulai Rp 87 Juta, Ini Daftar Lelang Rumah di Bogor

Sementara dari sisi Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Indonesia masih terbilang sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara tetangga. 

John mengatakan, di Indonesia pada tahun 2018, tingkat KPR hanya 3 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB).

"Tetapi angka ini sudah naik dalam 1 atau 2 tahun terakhir. Tapi ini jugalah yang mendorong tingkat pembelian rumah yang akan terus bertumbuh pada tahun-tahun ke depan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com