Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daerah di Indonesia yang Penduduknya Paling Banyak Makan Nasi

Kompas.com - 15/12/2020, 13:04 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik merilis hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2019. Susesnas sendiri dilakukan dengan melakukan survei di 514 kabupaten kota di 34 provinsi di Indonesia.

Salah satu yang disurvei yakni terkait besaran rata-rata konsumsi dan pengeluaran bulanan penduduk Indonesia untuk membeli beras sebagai makanan pokok.

Dikutip dari data BPS, Selasa (15/12/2020), pada kelompok padi-padian, konsumsi beras per kapita sebulan tertinggi ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Provinsi yang berbatasan dengan Australia ini penduduknya secara per kapita mengonsumsi beras untuk diolah jadi nasi paling banyak dibandingkan 33 provinsi lain di Indonesia, yaitu sebesar 8,45 kg.

Baca juga: Survei BPS: Orang RI Kurang Makan Sayur, Kangkung Paling Digemari

Sedangkan konsumsi beras terendah di Provinsi Papua sebesar 4,51 kg. Ini wajar, mengingat banyak penduduk di pedalaman Papua yang tidak mengandalkan nasi sebagai makanan pokok.

Sementara untuk pengeluarannya, belanja beras tertinggi juga ditempati Provinsi Nusa Tenggara Timur sebesar Rp 92.240 per kapita sebulan.

Lalu untuk pengeluaran terendah untuk membeli beras terendah di Provinsi DI Yogyakarta sebesar Rp 48.056 per kapita sebulan.

Berdasarkan komoditas makanan yang terdapat pada data Susenas, terdapat sekitar 20 komoditas makanan yang banyak dikonsumsi di setiap provinsi.

Baca juga: 7 Daerah dengan Biaya Hidup Paling Rendah di Indonesia

Di antaranya adalah beras, tepung terigu, ketela pohon/singkong, ikan dan udang segar/diawetkan, daging sapi, daging ayam ras/kampung, telur ayam ras/kampung, susu kental manis.

Lalu bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, tahu, tempe, minyak kelapa/goreng, kelapa, dan gula pasir.

Papua mengandalkan singkong

Beberapa provinsi di Indonesia memiliki pola konsumi dan pengeluaran yang berbeda satu sama lain terhadap beberapa komoditas pangan tertentu.

Sebagai contoh, ketela pohon sebagai salah satu komoditas dalam kelompok umbi-umbian, konsumsi per kapita sebulan tertinggi terdapat di Provinsi Papua sebesar 1,41 kg.

Baca juga: Sosok 2 Konglomerat Terkaya Indonesia dari Jualan Rokok

Sedangkan terendah di Provinsi Aceh sebesar 0,11 kg. Sementara untuk pengeluarannya, tertinggi di Provinsi Papua sebesar Rp 11.087 per kapita sebulan. Sedangkan terendah di Provinsi Aceh sebesar 470 rupiah per kapita sebulan.

Konsumsi per kapita sayur

Secara nasional konsumsi gabungan buah dan sayur sebesar 209,89 gram per kapita sehari. Jumlah ini masih jauh dari ambang batas yang ditetapkan WHO dan Kemenkes.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara umum menganjurkan konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk hidup sehat sejumlah 400 gram per orang per hari, yang terdiri dari 250 gram sayur (setara dengan 2 porsi atau 2 gelas sayur setelah dimasak dan ditiriskan) dan 150 gram buah (setara dengan 3 buah pisang ambon ukuran sedang).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com