Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei: Program BLT UMKM Mampu Membuat Kapasitas dan Kinerja UMKM Meningkat Signifikan

Kompas.com - 16/12/2020, 12:52 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank BRI bersama dengan BRI Microfinance dalam hasil surveinya mencatatkan bahwa program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif untuk usaha mikro mampu membuat kapasitas dan kinerja UMKM meningkat secara signifikan.

Mengutip dari media sosial Instagram @kemenkopukm, Rabu (16/12/2020), dalam survei tersebut dinyatakan ada sebanyak 44,8 persen UMKM yang masih beroperasi, kapasitas dan kinerja usaha meningkat setelah memperoleh BLT tersebut.

Lalu ada sebanyak 51,5 persen UMKM yang usahanya tutup sementara namun bisa kembali beroperasi setelah mendapatkan BLT.

Baca juga: Agar Koperasi dan UMKM Kuat di Tengah Pandemi, MenkopUKM Beberkan Strateginya

Secara umum sebagian UMKM menyatakan usaha mampu bertahan setelah memperoleh dana BLT.

Selain itu, dilihat dari kemudahan mengakses bantuan ini, ada sebanyak 95,9 persen UMKM yang mengaku syarat untuk memperoleh dana BLT Rp 2,4 juta ini mudah. Lalu, ada sebanyak 88,1 persen UMKM responden yang menyatakan waktu pencairannya pun cukup cepat.

Di samping itu, tercatat juga bahwa sebagian besar UMKM responden menggunakan dana BLT untuk keperluan produktif. Hal tersebut dipengaruhi juga oleh kemampuan memperoleh keperluan usaha saat pandemi dinilai masih mudah bagi mereka.

Sebagai tambahan, adapun survei ini dilakukan terhadap 3.043 nasabah pemilik atau penerima BLT yang tersebar di 20 provinsi utama sentra UMKM pada periode 5-23 November 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com