Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Membuat Omzet Industri Kuliner Merosot

Kompas.com - 16/12/2020, 14:12 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 meluluhlantakan seluruh sektor yang ada di Tanah Air, tak terkecuali industri kuliner.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Kuliner Indonesia (Apkulindo) Bedi Zubaedi mengatakan banyak pelaku usaha kuliner yang sangat terpukul bisnisnya lantaran omzetnya merosot.

"Turunnya omzet menyusul dengan adanya pelarangan layanan makan di tempat (dine-in) dan daya beli masyarakat yang juga ikut turun. Jadi itu benar-benar menjadi challange buat kita di industri bisnis kuliner,"ujarnya saat ShopeePay Talks yang disiarkan secara virtual, Rabu (16/12/2020).

Baca juga: Bos Garuda: Pengangkutan Vaksin Covid-19 Merupakan Misi Kemanusiaan yang Patut Didukung

Tak hanya itu, sialnya lagi, diakui dia, ketika omzet turun drastis, harga bahan baku malah justru semakin mahal. Hal ini pun, kata dia, membuat bottom line bisnis juga ikut terganggu.

Para pebisnis kuliner pun mau tak mau dituntut untuk berkreatifitas agar bisa mempertahankan bisnisnya. Salah satunya dengan mengeluarkan produk baru dalam bentuk frozeen food.

Ternyata inisiatif ini pun, disambut positif oleh pasar. Apalagi ketika masyarakat dituntut untuk di rumah aja, membuat mereka mengambil kesibukan lain dengan memasak.

"Jadi mereka lebih memilih membeli makanan yang frozen food. Layanan dine-in dihentikan, mereka bosan di rumah, yaudah mencari aktivitas lain dengan memasak makanan yang frozen food, dan kami melihat insiatif ini cukup membantu teman-teman di industri kuliner," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com