BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Shopee Pay

Ludes di 12 Menit Pertama, ShopeePay Semua Rp 1 Cetak Rekor Jual Lebih dari 100.000 Voucher

Kompas.com - 18/12/2020, 11:47 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyedia layanan pembayaran digital ShopeePay menutup akhir 2020 dengan kampanye ikonik “ShopeePay Semua Rp 1 dengan Total Voucher 12 M”. Kampanye ini berlangsung dari tanggal 1 hingga 12 Desember 2020.

Kampanye ShopeePay Semua Rp 1 menjadi tonggak sejarah. Tercatat, lebih dari 100.000 voucher terjual dalam 12 menit pertama di perayaan “Shopee 12.12 Birthday Sale”, Sabtu (12/12/2020).

Marketing Manager ShopeePay Cindy Candiawan menilai, kampanye "ShopeePay Semua Rp 1" mendapat respons positif sehingga menjadi populer di masyarakat. Respons ini menunjukkan adanya kebutuhan masyarakat terhadap pembayaran digital yang membuka kesempatan lebih luas kepada pemilik usaha.

“Kampanye ini diinisiasi untuk menumbuhkan antusiasme sembari memberdayakan bisnis dan pelanggan secara keseluruhan,” ujar Cindy dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (17/12/2020).

Baca juga: Wow! Makan di McDonald’s Pakai ShopeePay Dapat Cashback 50 Persen

Dengan begitu, lanjut Cindy, layanan pembayaran digital ShopeePay memberi dampak signifikan dalam membantu pelaku bisnis di Indonesia agar tetap tumbuh di tengah pandemi.

Tingkatkan konsumsi nasional

Selain sukses mengajak masyarakat berbelanja lewat berbagai penawaran menarik, kampanye “ShopeePay Semua Rp 1 dengan Total Voucher 12 M” juga berkontribusi meningkatkan konsumsi nasional.

Kampanye ini telah memberi peluang bagi aktivitas transaksi non-tunai di merchant offline. Tak main-main, voucher terjual 20 kali lipat pada promo puncak 12.12.

Selain itu, transaksi pada merchant yang berpartisipasi pada hari-hari tematik juga mengalami peningkatan tajam. Pada hari Boba dan Teh misalnya, transaksi terdongkrak hampir enam kali lipat.

Baca juga: Sambut Akhir Tahun, ShopeePay Hadirkan Promo 9 Kali Sehari pada 12.12

Di sisi lain, antusiasme masyarakat yang menggunakan digital payment juga meningkat, terutama pada momen promo puncak. Bahkan, dalam catatan ShopeePay, seorang pengguna ada yang sampai melakukan transaksi sebanyak 30 kali di beberapa merchant offline pada 12 Desember 2020.

Selain berkontribusi meningkatkan konsumsi nasional, kampanye ShopeePay berpengaruh positif terhadap bisnis-bisnis baru.

ShopeePay dinilai mampu memberi solusi dalam mengembangkan segmen pasar, meningkatkan visibilitas, dan menangkap lebih banyak peluang untuk memenuhi kebutuhan konsumen dari promosi menarik yang ditawarkan.

Anomali Coffee, misalnya. Sebagai merchant baru, Anomali Coffee mengalami peningkatan transaksi 30 kali lipat dalam kampanye itu.

Baca juga: Dorong Konsumsi Nasional, ShopeePay Hadirkan Voucher Rp 12 Miliar di Ajang 12.12

Adopsi pembayaran digital

Dikatakan Cindy, percepatan adopsi pembayaran digital di seluruh Indonesia menjadi tujuan ShopeePay sejak awal.

Secara bertahap, percepatan adopsi pembayaran digital terlihat jelas. Hal itu bisa diketahui lewat rangkaian kampanye "ShopeePay Semua Rp 1" yang telah menjangkau kota-kota kecil di Indonesia.

Adapun kota-kota yang mengalami kenaikan transaksi tertinggi selama masa kampanye, yaitu Pasuruan, Probolinggo, dan Pariaman.

Beragam sektor ekonomi juga terdorong. Terbukti, berbagai merchant turut berpartisipasi memberikan ragam pilihan bagi pelanggan.

Baca juga: ShopeePay Talk Kembali Hadir untuk Bantu Pengusaha Jangkau Pelanggan Lebih Luas

Cindy juga mengungkap bahwa lebih dari 90 persen pengguna baru melakukan transaksi di kategori food and beverage (F&B).

Melalui fitur “Voucher Khusus Pengguna Baru”, ShopeePay mengajak masyarakat menikmati pengalaman pembayaran digital di berbagai kategori F&B, seperti toko roti, minuman, fine dine-in, dan gerai jajanan.

Selain itu, kampanye ini juga menyokong berbagai kategori, seperti kesehatan dan kecantikan, home living, dan makanan yang sukses mencatat kenaikan transaksi tertinggi dan membawa traffic pengunjung ke gerai.

Sementara itu, kategori seperti kecantikan dan perawatan, home living, mobile, dan aksesori juga menjadi favorit selama perayaan “Shopee 12.12 Birthday Sale”.

Baca juga: Di Puncak 11.11, ShopeePay Sukses Jual Voucher Rp 1 hingga 12 Kali Lebih Banyak

“Adopsi digital, inklusi keuangan, dan antusiasme berbelanja telah menjadi jangkar utama untuk kami jelajahi lebih jauh pada tahun depan. Kami sangat senang dapat menutup tahun ini dengan luar biasa dan ShopeePay akan menghadirkan lebih banyak kejutan serta penawaran menarik pada 2021,” terang Cindy.

Segera unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan aktifkan ShopeePay untuk menikmati promonya.


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com