Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi di Bank Jago, Gojek Pegang 22 Persen Saham

Kompas.com - 18/12/2020, 17:05 WIB
Fika Nurul Ulya,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gojek melakukan investasi di PT Bank Jago Tbk. Aksi korporasi antar kedua entitas ini merupakan bagian dari rencana investasi jangka panjang dan kemitraan strategis.

Investasi ini membuat layanan perbankan digital milik Bank Jago bisa diakses di platform Gojek. Dengan begitu, pelanggan Gojek dapat membuka rekening Bank Jago dan mengelolanya lewat aplikasi Gojek.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan kolaborasi akan memperkuat ekosistem Gojek sekaligus membuka layanan yang lebih luas bagi masyarakat.

Ia mengatakan sekitar 95 juta penduduk Indonesia tidak memiliki rekening bank. Lebih dari 47 juta penduduk dewasa tidak memiliki akses memadai pada kredit, investasi, dan asuransi. Padahal, penetrasi ponsel di Indonesia mencapai 80 persen.

"Melalui kolaborasi ini, kami juga dapat mengembangkan model agar bisa bermitra dengan berbagai institusi perbankan lainnya," kata Andre dalam siaran pers, Jumat (18/12/2020).

Baca juga: Nasabah Jiwasraya Tak Puas dengan Skema Restrukturisasi, Kemenkeu Sebut Manajemen Harus Adil

Dengan berinvestasi, Gojek memegang 22 persen saham Bank Jago. Namun hal itu tidak mengubah pengendalian saham di Bank Jago.

PT Metamorfosis Ekosistem Indonesia (MEI) dan Wealth Track Technology (WTT) tetap menjadi pemegang saham pengendali dengan total kepemilikan mencapai 51 persen saham.

Direktur Utama Bank Jago, Kharim Siregar menambahkan, kolaborasi ini akan menjadi kunci pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

"Sebagai bank berbasis teknologi dengan sistem API terbuka, kami akan bekerja sama dengan pemain-pemain ekosistem digital lain untuk memperluas akses keuangan," pungkasnya.

Baca juga: Danone dan Google Beri Pelatihan Digital Pelaku Usaha Mikro

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com