Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KoinWorks Catatkan Tren Peminjaman Dana untuk UMKM 2020 Cukup Tinggi, Bagaimana di 2021?

Kompas.com - 21/12/2020, 15:33 WIB
Elsa Catriana,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks) mengakui, sejak kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilonggarkan pemerintah, tren peminjaman yang dilakukan oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menggeliat.

Chief Operation Officer KoinWorks Bernard Arifin mengatakan, lebih dari ribuan UMKM yang mengajukan permintaan pinjaman. 

"Kita lihat selama pandemi ini banyak yang ingin mengajukan pinjaman, ribuan UMKM yang masuk dan mencoba mengapply permintaan," ujar Bernard saat diskusi virtual KoinWorks, Senin (21/12/2020).

Baca juga: Jelang Tutup Tahun 2020, KoinWorks Optimistis Bakal Cetak Profit

Hanya saja, lanjut Bernard, tidak semua pelaku UMKM permintaanya dikabulkan.

Sebab, KoinWorks memiliki beberapa kriteria untuk menentukan apakah UMKM tersebut dinyatakan layak atau tidak untuk mendapatkan peminjaman.

Salah satu yang menjadi syarat atau pertimbangannya adalah dilihat dari sisi prospek bisnis yang dimiliki oleh UMKM atau calon peminjam.

Apabila prospek bisnisnya terlihat menjanjikan, KoinWorks akan memberikan dan menyalurkan dana pinjaman, pun sebaliknya. 

Dengan melihat prospek bisnisnya juga membuat KoinWorks bisa memandang apakah UMKM tersebut mampu untuk melakukan pembayaran atau pengembalian.

Baca juga: Kisah 2 UMKM Bertahan di Tengah Pandemi, hingga Bisa Promosi Berbiaya Murah

Selain itu, Bernard memproyeksikan bahwa pada 2021, tren peminjaman untuk UMKM bakal lebih tinggi dari 2020.

Apalagi didorong dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat.

"Dengan adanya teknologi sekarang pasti akan membantu UMKM dalam mengaksesnya, sementara untuk kami, dengan adanya teknologi bisa mempercepat kami melakukan profiling dan melihat kelayakan data para UMKM yang mengajukan pinjaman," jelas Bernard.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com