Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Ganti Nama, Bank Bukopin Target Jadi 10 Bank Teratas di RI pada 2025

Kompas.com - 22/12/2020, 20:45 WIB
Fika Nurul Ulya,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Bukopin Tbk bercita-cita menjadi 10 bank teratas di Indonesia pada tahun 2025 mendatang, seiring dengan bergantinya nama perseroan menjadi PT Bank KB Bukopin Tbk.

"Ini adalah cita-cita yang harus kami raih. Bahkan kami harapkan cita-cita ini didapatkan bisa lebih cepat sebelum 5 tahun," kata Direktur Utama KB Bukopin, Rivan A. Purwantono dalam public expose secara virtual, Selasa (22/12/2020).

Rivan menuturkan, KB Kookmin Bank selaku pemegang saham pengendali KB Bukopin, memang bercita-cita menjadikan perseroan jadi bank paling sukses dan menciptakan bank bernilai baik di RI.

Adapun untuk mewujudkan hal itu, ada beberapa transformasi yang dilakukan. Tranformasinya meliputi bidang teknologi informasi, yakni menciptakan platform digital yang mendukung bisnis baru, dan berinvestasi pada sumber daya manusia.

Baca juga: Jadi Menteri KP, Sakti Wahyu Trenggono Diminta Cabut Aturan Ekspor Benih Lobster

Pihaknya juga akan melakukan diversifikasi portofolio di segmen ritel dan UMKM serta menjadi mitra internasional untuk meningkatkan perdagangan antara Korea dengan Indonesia.

"Ke depan Bank Bukopin akan selektif pada segmen yang paling relevan di segmen ritel, UMKM, dan Korean-Indonesian," sebut Rivan.

Sebagai informasi, tahun ini Bank Bukopin melakukan serangkaian proses penambahan modal melalui Penawaran Umum Terbatas (PUT) dan HMETD.

Dalam 6 bulan terakhir, perseroan melengkapi dua proses penambahan modal tersebut serta memperoleh persetujuan OJK terkait masuknya Kookmin Bank menjadi pemegang saham pengendali Bank Bukopin.

Transaksi penambahan modal pada PUT V di bulan Juli lalu dilanjutkan langsung dengan transaksi private placement HMETD pada awal September. Total modal yang disetorkan KB Kookmin ke Bank Bukopin adalah senilai Rp 3,9 triliun dalam kurun waktu 3 bulan.

Adapun saat ini, KB Kookmin bank menjadi pemegang saham pengendali dengan kepemilikan saham sebanyak 67 persen.

Baca juga: Subsidi Pulsa untuk Guru dan Pelajar Dilanjutkan Tahun Depan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com