Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Dilantik, Sandiaga Uno dan M Luthfi Langsung Berkoordinasi dengan Erick Thohir

Kompas.com - 23/12/2020, 16:14 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bertemu dengan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno serta Menteri Perdagangan Muhammad Luthfi.

Pertemuan tersebut berlangsung pada Rabu (23/12/2020) usai Sandiaga Uno dan M Luthfi dilantik Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan.

“Koordinasi langsung di dilakukan setelah pelantikan antara Menteri Perdagangan, Menteri Parawisata , Kepala BKPM dan Kementerian BUMN untuk percepatan investasi, menjaga pertumbuhan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja,” ujar Erick dalam keterangannya Rabu.

Baca juga: Pengusaha Taruh Banyak Harapan ke Mendag Lutfi

Sebagai informasi, Erick, Sandiaga, dan Lutfi sudah menjalin persahabatan sejak dahulu. Bahkan, sebelum dilantik, Erick sempat mengunggah foto dirinya bersama Sandiaga Uno, istri Sandiaga, Nur Asia Uno dan M Luthfi.

Foto tersebut nampak diambil saat mereka berada di luar negeri dan saat masih muda. Namun, di foto tersebut tak terdapat Bahlil Lahadalia.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengunggah foto saat dirinya bersama Sandiaga Uno dan Muhammad Luthfi.

Dalam unggahan Erick, nampak foto tersebut diambil saat ketiganya masih muda. Di dalam keterangan fotonya pun Erick menyebut ketiganya merupakan teman “nongkrong” bareng.

“Kayaknya asik nih recreate foto ini bareng bang @sandiuno dan Mas Lutfi? Dulu nongkrong bareng, berkarya bareng, sekarang bareng-bareng membantu pak @jokowi,” tulis Erick dalam akun Instagramnya, @erickthohir, Selasa (22/12/2020).

Foto Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat bersama Sandiaga Uno dan Muhammad LuthfiInstagram Erick Thohir Foto Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat bersama Sandiaga Uno dan Muhammad Luthfi

Sandiaga merupakan politikus Partai Gerindra, mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, dan juga bekas pesaing Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam Pemilu 2019.

Sandiaga akan menggantikan Wishnutama Kusubandio yang dilantik sebagai Menparekraf oleh Jokowi pada 23 Oktober 2019 lalu.

Sementara Muhammad Lutfi pernah menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Pria kelahiran 16 Agustus 1969 itu juga pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2014

Selain itu, Muhammad Lutfi merupakan Duta Besar Indonesia untuk Jepang sejak 2010 hingga 2013.

Terakhir, ia menjabat sebagai Duta Besar untuk Amerika Serikat pada September lalu.

Baca juga: Curhat Sandiaga Uno: Tugas sebagai Menparekraf Teramat Berat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com