Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Gabungan Natal dan Tahun Baru, Ini Rest Area yang Ada Pemeriksan Rapid Test Antigen

Kompas.com - 24/12/2020, 16:04 WIB
Ade Miranti Karunia,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada libur Hari Raya Natal dan jelang akhir tahun 2020, Jasamarga Metropolitan Tollroad bersama dengan Polres Bogor, Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja Pemprov Jawa Barat, serta Satgas Covid-19 menggelar operasi gabungan sekaligus pemeriksaan pelaksanaan protokol kesehatan di beberapa rest area.

Operasi gabungan tersebut meliputi pemeriksaan protokol Covid-19 di tempat usaha/keramaian, juga melakukan rapid test antigen secara acak kepada penumpang kendaraan yang ke luar Jakarta.

"Jasa Marga mendukung pelaksanaan operasi gabungan ini dengan menyediakan lokasi random check rapid antigen di sejumlah titik rest area yang dibutuhkan pemerintah, serta berkoordinasi dengan pihak terkait," ujar Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Irra Susiyanti, melalui keterangan tertulis, Kamis (24/12/2020).

Baca juga: Ini 7 Lokasi Tes Swab PCR dan Rapid Antigen di Bandara Soekarno-Hatta

Adapun titik-titik lokasi pemeriksaan terletak di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) kilometer (Km) 35A Ruas Jagorawi, yang berlangsung sejak pukul 08.00–10.00 WIB.

Sebanyak 40 orang pengunjung yang berada di TIP dilakukan rapid test antigen.

Pemeriksaan secara acak ini juga akan dilakukan hingga 27 Desember 2020 di sejumlah rest area, yakni Rest Area Ruas Cipularang Km 72A, Rest Area Km 97B dan Rest Area Km 72B.

Masing-masing rest area ditargetkan akan mengecek 100 orang pengunjung.

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menjalankan 3M, yaitu Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir," imbau Irra.

Baca juga: Traveloka Berikan Diskon Rp 200.000 untuk Rapid Antigen

"Pastikan kondisi kendaraan dan pengendara dalam keadaan prima, jaga jarak aman kendaraan serta pastikan kecukupan saldo uang elektronik Anda. Untuk monitor kondisi lalin di jalan tol Jasa Marga, dapat menghubungi Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080," sambung dia.

Sebagai informasi, dalam rangka mencegah penyebaran wabah virus corona (Covid-19) seluruh masyarakat wajib melakukan rapid test antigen ketika hendak melakukan perjalanan ke luar kota maupun ke daerah.

Termasuk orang yang melakukan perjalanan jauh melalui jalur darat.

Hal ini sesuai Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Nomor 3 Tahun 2020 dan SE Menteri Perhubungan No.20 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dengan Transportasi Darat Selama Masa Natal Tahun 2020 Dan Tahun Baru 2021 Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com