Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Akhir Tahun, Rupiah Ditutup Positif

Kompas.com - 28/12/2020, 16:17 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS ditutup menguat tipis pada Senin (28/12/2020).

Melansir Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada pasar spot sore ini menguat 45 poin (0,32 persen) ke level Rp 14.155 per dollar AS dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.200 per dollar AS.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, di penghujung tahun 2020, pasar merspons positif terhadap UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, yang saat ini membawa berkah.

“Dengan payung omnibus law cipta kerja, para invesor asing lebih mudah mendapatkan izin apabila akan membangun suatu perusahaan di Indonesia,” kata Ibrahim dalam siaran pers.

Dalam UU Nomor 11 Tahun 2020 tersebut, ada klaster yang berkaitan dengan penyederhanaan perizinan, persyaratan investasi, ketenagakerjaan dan perlindungan UMKM, Investasi dan Proyek Pemerintah dan Kawasan Ekonomi khusus (KEK).

Ibrahim menilai, UU Cipta Kerja membuat sinkronisasi dan kolaborasi untuk mencapai satu tujuan yang lebih efektif dan efisien ditengah-tengah lingkungan yang selalu berubah-ubah.

Sedangkan ekspektasi yang paling penting dari UU ini adalah implementasinya. Bagaimana implementasi ke depan harus dikawal supaya bisa mencapai beberapa perbaikan pada indikator-indikator ekonomi.

Di sisi lain, senimen positif muncul dari eksternal. Presiden AS Donald Trump menandatangani undang-undang paket bantuan dan pengeluaran pandemi Covid-19 yang telah lama ditunggu-tunggu.

Selain itu, kesepakatan Brexit minggu lalu juga melegakan investor. Pengaturan perdagangan pasca-Brexit telah disetujui Inggris dan Uni Eropa.

Baca juga: IHSG Ditutup Menguat 1,41 Persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com