Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKN Pastikan Pelaksanaan Tes CPNS 2021 Paling Lambat Dimulai Juni

Kompas.com - 29/12/2020, 13:35 WIB
Ade Miranti Karunia,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, untuk penetapan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 ditargetkan akan ditetapkan pada bulan Mei.

Dengan demikian, ia memastikan pelaksanaan tes CPNS akan dimulai paling lambat Juni 2021.

"Diperkirakan formasi itu Mei sudah dapat ditetapkan. Untuk pelaksanaan tesnya dibutuhkan waktu paling lambat bulan Juni sudah harus dimulai agar pada bulan Desember sudah diselesaikan seleksi formasi CPNS-nya," kata Bima melalui konfrensi pers virtual Catatan Kinerja Akhir Tahun 2020 Kementerian PANRB, Selasa (29/12/2020).

Baca juga: [POPULER MONEY] Konglomerat Pemilik Bank | CPNS 2021 Segera Dibuka

Namun, sebelum membuka penerimaan CPNS tahun depan, BKN menunggu laporan dari masing-masing instansi pemerintah pusat maupun daerah jumlah formasi yang dibutuhkan.

"Hanya jika masing-masing instansi telah melaporkan formasi itu kepada KemenPANRB, kami baru bisa menetapkan formasinya, berapa jumlahnya," kata Bima.

Adapun perhitungan formasi yang dilakukan instansi tersebut yakni menghitung ulang jumlah kebutuhan CPNS untuk lima tahun.

Kemudian, mereka membaginya dalam periode tahunan.

"Kenapa itu diperlukan? Karena saat ini banyak sekali PNS atau CPNS yang meminta pindah lokasi sehingga kebutuhan di masing-masing instansi jadi berubah dan berbeda," kata Bima.

Baca juga: Penerimaan CPNS 2021 Segera Dibuka, Simak Formasi yang Dibutuhkan

Bima memastikan pelaksanaan CPNS tahun depan akan menerapkan skema yang sama dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"SKD tetap akan dilakukan bersama juga dengan SKB. Untuk seleksi ini kami sudah belajar kemarin, pelaksanaan CPNS di situasi pandemi ini kami telah menerapakan protokol kesehatan. Pelaksanaan di daerah, tidak ada satupun yang tertular karena virus covid ini," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com