Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkop Teten: 2020 Menjadi Titik Balik UMKM Menata Kreativitas

Kompas.com - 01/01/2021, 13:57 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2020 adalah titik balik untuk menata kembali semangat berkreativitas dan melakukan inovasi di berbagai bidang untuk kembali bangkit.

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, pandemi Covid-19 menyebabkan UMKM benar-benar terpuruk lantaran tergerus dari sisi omzetnya.

"Pandemi mengajarkan kepada kita semua untuk menata kembali kehidupan ke depan dengan cara-cara yang baru, yang lebih baik demi kesehatan dan kemajuan bersama. 2020, bagi koperasi dan UKM adalah titik balik untuk menata kembali semangat untuk berkreativitas dan melakukan inovasi di berbagai bidang untuk bangkit dan mentransformasi diri pasca pandemi ini," kata Teten dikutip dari media sosial Instagram @Kemenkop UKM, Jumat (1/1/2021).

Baca juga: Jamin Prinsip Kehati-hatian, Kemenkop UKM Beberkan Proses Penyaluran BLT UMKM

Menurut dia, koperasi dan UKM adalah tulang punggung perekonomian bagi bangsa ini. Oleh sebab itu, dia berharap, seberat apapun krisis yang menghadap, UMKM bisa tetap bergerak.

Dia optimistis tahun baru 2021 bisa menjadi moment bagi UMKM untuk bisa segera bangkit.

"Saya Teten Masduki Menteri Koperasi dan UMKM mengucapkan selamat tahun baru 2021, dengan optimisme dan semangat baru, kita songsong harapan untuk kebangkitan UMKM di tahun 2021," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com