Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Tahun 2021 Harga Bitcoin Makin Bersinar

Kompas.com - 04/01/2021, 14:05 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah harga Bitcoin (btc) kembali pecah rekor, tembus 33.000 dollar AS per btc atau sekitar Rp 457 juta (kurs Rp 13.865 per dollar AS), harga btc berpeluang kembali meroket di tahun 2021.

Business Development Managar Triv Jordan Simanjuntak mengatakan, penyebab kenaikan harga Bitcoin, karena investor besar yang kemungkinan sudah merealisasikan keuntungan, akan kembali masuk ke pasar Bitcoin.

"Menurut saya harga Bitcoin masih akan terus naik di tahun 2021, dan saya proyeksikan harga Bitcoin bisa mencapai 55.000 dollar AS per btc (Rp 762 juta)," ungkap Jordan kepada Kompas.com, Senin (4/1/2021).

Baca juga: Ingin Investasi Bitcoin? Pahami Risiko-risiko Berikut

Sebagai informasi sepanjang tahun 2020, harga bitcoin sudah mengalami kenaikan sebanyak tiga kali lipat. Kenaikan harga btc bahkan terjadi di tengah kejatuhan pasar saham karena pandemi Covid-19.

Menurut Jordan, kenaikn harga btc juga dupicu oleh kebijakn moneter The Fed yang terus menekan suku bunga tetal rendah hingga tahun 2023.

"Kebijakan The Fed tersebut membuat pelaku pasar banyak memilih Bitcoin untuk dijadikan tempat menaruh dana investasi. Pilihan investasi yang menarik jadi sedikit, saham masih naik, emas sudah turun trennya, dan keliatan para miliarder malah mengalihkan dana dari emas untuk masuk ke Bitcoin," tambahnya.

Di sisi lain, ia berpendapat saat ini sudah mulai banyak institusi yang mulai masuk untuk berinvestasi Bitcoin. Dia bilang, bagi investor yang ingin berinveatasi btc, ada baiknya memulai dari sekarang dengan Dollar Cost Averaging atau beli secara teratur.

"Saran saya bagi investor yang ingin masuk masih sangat baik untuk masuk sekarang dengan membeli secara teratur daripada beli sekaligus banyak. Sebaliknya, investor yang ingin menjual juga harus disiplin pada target yang dia tentukan," tegas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com