Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Influencer yang Main Saham, dari Anak Presiden hingga Ustaz

Kompas.com - 06/01/2021, 17:39 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Fenomena ajakan membeli saham tengah diramaikan oleh sejumlah tokoh ternama alias influencer di Tanah Air. Kehadiran mereka dengan mempromosikan emiten tertentu di platform media sosial membuat harga sahamnya melejit.

Para influencer ini mengajak para pengikut atau follower-nya untuk ikut membeli atau menjual saham di pasar modal yang dijalankan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Berikut ini deretan influencer yang promosikan saham di pasar modal:

1. Ustaz Yusuf Mansur

Nama Yusuf Mansur bisa dibilang cukup akrab dengan dunia investasi. Namanya tak bisa dilepaskan dari Paytren dan beberapa kali melakukan aktivitas penggalangan dana umat untuk investasi.

Baca juga: Harga Sahamnya Meroket Usai Dibeli Raffi Ahmad dan Ari Lasso, Ini Profil MCAS

Di akun media sosialnya, Yusuf Mansur beberapa kali mengajak para pengikutnya untuk membeli saham-saham yang menurutnya memiliki potensi keuntungan di masa depan.

Belakangan dia semakin sering memberikan rekomendasi saham melalui akun Instagramnya. Terlepas dari ajakannya, beberapa saham yang dipromosikannya memang mengalami kenaikan harga.

Beberapa emiten yang pernah dipromosikannya antara lain Garuda Indonesia (GIAA), BRI Syariah (BRIS), PGN (PGAS), Tempo Inti Media (TMPO), hingga BUMN karya.

2. Kaesang Pangarep

Kaesang Pangerap adalah salah satu influencer yang cukup rajin merekomendasikan saham sejumlah emiten pasar modal kepada para follower-nya.

Baca juga: Endorse Raffi Ahmad atas Saham MCAS yang Berujung Teguran BEI

Putra Presiden Joko Widodo ini beberapa kali merekomendasikan saham-saham potensial lewat akun Twitternya. Ia cenderung merekomendasikan pengikutnya untuk membeli saham perusahaan pelat merah.

Beberapa saham yang pernah dipromosikan Kaesang antara lain PGN (PGAS), Antam (ANTM), dan Kimia Farma (KAEF).

Setidaknya ada tiga saham perusahaan yang dia bagikan dan diindikasikan bakal naik harga sahamnya. Pertama, PGN dengan kode PGAS. Kedua, Antam dengan kode ANTM, dan yang ketiga adalah Kimia Farma dengan kode KAEF.

3. Raffi Ahmad

Raffi Ahmad membagikan pengalamannya membeli saham MCAS dan menikmati keuntungan dari kenaikan harga saham emiten tersebut. Namun ia membantah jika ia dibayar untuk melakukan endorse oleh perusahaan tersebut. 

Baca juga: IHSG Sesi I Ditutup Turun, Saham Favorit Raffi Ahmad Masih Terus Menguat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com