Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Anjlok, Terjun Ke Level Rp 14.010 per Dollar AS

Kompas.com - 08/01/2021, 10:01 WIB
Kiki Safitri,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comNilai tukar rupiah terhadap dollar AS pagi ini turun tajam di pasar spot, Jumat (8/1/2021).

Melansir Bloomberg, pada pukul 09.18 WIB, rupiah berada pada level Rp 14.010 per dollar AS atau melemah 100 poin (0,72 persen) dibanding penutupan sebelumnya Rp 13.910 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, pelemahan rupiah terhadap dollar AS terjadi karena dipicu oleh kenaikan tingkat imbal hasil obligasi AS yang menembus 1 persen selama dua hari.

Baca juga: [POPULER MONEY] Dugaan Penipuan GrabToko | Prospek Saham Antam di 2021

“Nilai tukar rupiah melemah terhadap dollar AS hari ini, karena dollar AS terlihat menguat dipicu oleh kenaikan tingkat imbal hasil obligasi AS, dengan yield obligasi AS tenor 10 tahun sudah menembus ke atas 1 persen selama dua hari beruntun setelah sebelumnya bergerak di bawah 1 persen,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Arisron mengatakan, kenaikan tingkat imbal hasil obligasi AS karena optimisme Bank Sentral AS tehadap pemulihan ekonomi AS.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 13.850 per dollar AS sampai dengan Rp 13.980 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com