Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir: Vaksinasi Covid-19 Jadi Kesempatan untuk Perbaiki Database Kependudukan

Kompas.com - 08/01/2021, 19:30 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, program vaksinasi Covid-19 bisa dijadikan momentum untuk memperbaiki data base pemerintah.

Rencananya, program vaksinasi ini akan dilakukan dengan sistem satu data. Artinya, jika program vaksinasi ini sukses data-data tersebut bisa digunakan pemerintah dalam program-program bantuan lainnya.

“Ini kesempatan buat kita sebagai bangsa, kapan lagi kita memperbaiki sistem kita, database kita, yang selama ini terpencar-pencar,” ujar Erick dalam konferensi pers virtual, Jumat (8/1/2021).

Baca juga: Uang Rusak Dimakan Rayap? Coba Solusi Ini

Erick menambahkan, nantinya data-data penerima vaksin Covid-19 bisa diawasi secara transparan. Dengan begitu, ke depannya akan mempermudah pemerintah dalam pengolahan data.

“Berarti suka tidak suka data akan terkumpul, sangat terbuka, sangat transparan dan kapan lagi mempunyai satu data secara transparan, sehingga ketika pemerintah melakukan bantuan kepada rakyatnya tepat (sasaran),” kata mantan bos Inter Milan Itu.

Erick menuturkan, pembentukan sistem satu data ini nantinya akan diawasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Diharapkan, dengan adanya bantuan KPK sistem ini bisa lebih transparan dan akuntabel.

“Saya senang sekali KPK langsung menyambut baik dan langsung mendampingi dari program pembentukan satu data,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com