Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri dan Mantan Bos Besar Freeport Jim Bob Moffett Meninggal Dunia

Kompas.com - 10/01/2021, 14:35 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu dari pendiri sekaligus mantan CEO Freeport McMoran Inc, Jim Bob Moffet, meninggal dunia akibat penyakit komplikasi.

Dikutip dari Nola, Minggu (10/1/2021), selama puluhan tahun Jim Bob Moffet harus bergelut dengan penyakit parkinson. Saat meninggal, pria berusia 82 tahun itu juga diketahui positif terpapar virus corona (Covid-19).

Ia lahir di Houma, di Negara Bagian Louisiana pada tahun 1938. Setelah kedua orang tuanya bercerai, ia ikut ibunya pindah ke Houston.

Di sana, Jim Bob Moffet sempat berkuliah di University of Texas dengan beasiswa olahraga. Sosoknya dikenal luas sebagai ahli geologi dan perminyakan.

Baca juga: Freeport: Pembahasan Kerjasama dengan Tsingshan Terbuka, Proyek Smelter Gresik Lanjut

Tahun 1969, ia kembali ke kampung halamannya di Lousiana dan mulai terjun dalam bisnis pertambangan bersama dengan rekannya Ken McWilliams dan BM Rankin. Dia menjadi salah satu perintis bisnis raksasa tambang Freeport.

Freeport sendiri awalnya merupakan perusahaan minyak dan gas yang berpusat di New York. Berselang beberapa tahun kemudian, Jim Bob Moffet ingin perusahaan tersebut berkantor pusat di New Orleans karena lebih dekat dengan ladang minyak.

Perusahaan terus berkembang menjadi perusahaan tambang raksasa. Belakangan, bisnis tambang emas dan tembaga Freeport justru lebih banyak menyumbang pundi pendapatan, dengan tambang terbesarnya berada di Papua, Indonesia.

Pada tahun 2007, perusahaan tersebut melakukan merger dengan McMoran dan kantornya berpindah ke Phoenix. Ia kemudian mengundurkan diri dari perusahaan pada tahun 2015.

Usai pensiun, aktivitas Jim Bob Moffet lebih banyak dihabiskan dalam berbagai kegiatan amal. Ia dikenal sebagai filantropis yang menyumbangkan jutaan dollar AS untuk perpustakaan, pembangunan taman, hingga opera.

Baca juga: Perusahaan China Rayu Freeport Bangun Smelter di Halmahera

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com