Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung UMKM Naik Kelas, ini Langkah-langkah yang Dilakukan Kemenhub

Kompas.com - 11/01/2021, 13:24 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berkomitmen untuk mendukung pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) meningkatkan kualitas produknya agar dapat naik kelas dan mendunia.

Komitmen tersebut ditunjukkan dengan dilaksanakannya kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) periode Januari 2021 di bawah koordinasinya.

“Melalui gerakan ini kita mendorong national branding produk lokal yang telah dikurasi untuk menjadi UMKM Top Brand, sehingga bias semakin maju dan tidak kalah kualitasnya dengan produk luar,” kata Budi secara virtual, Senin (11/1/2021).

Baca juga: BI Optimistis 12 Juta UMKM Pakai QRIS Capai Target di 2021

Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu menjelaskan, dukungan yang diberikan sektor transportasi untuk Gernas BBI ini di antaranya memberikan fasilitas area komersil dan display produk UMKM dalam negeri di simpul-simpul transportasi publik seperti di terminal, stasiun, bandara, pelabuhan.

Kebijakan lainnya yang dilakukan yaitu mengalokasikan area komersil di simpul-simpul transportasi bagi para pelaku usaha UMKM dalam negeri.

Serta melakukan peningkatan belanja barang berupa produk UMKM baik di lingkungan Kemenhub maupun di lingkungan penyelenggara layanan transportasi.

“Rekan-rekan operator di sektor transportasi sangat antusias untuk mendukung gerakan ini. Kamu siap mendukung Gerakan ini agar kita semua bangga memakai atau menggunakan produk-produk dalam negeri,” ujar Budi.

Baca juga: Gernas BBI, BCA Beri Fasilitas Pembiayaan dan Pendampingan kepada UMKM

Lebih lanjut, Budi menyebutkan, gelaran kampanye dilaksanakan di empat lokasi, yaitu di Bandara Ngurah Rai Bali, Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Bandara Internasional Yogyakarta Kulonprogo yang serentak diselenggarakan hari ini, dan nanti pada 17 Januari di Stasiun Gambir Jakarta.

“Kami bersama segenap stakeholder transportasi mendukung penuh Gernas BBI ini dalam rangka meningkatkan dan memperkuat industri UMKM di dalam negeri,” ucap Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com