Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asuransi dan Dana Darurat Jadi Kunci Hadapi Ketidakpastian

Kompas.com - 11/01/2021, 16:02 WIB
Mutia Fauzia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski tahun baru 2021 diawali dengann otpimisme, namun masih terdapat bayang-bayang ketidakpastian akibat pandemi Covid-19.

Presiden Direktur Chubb Life Indonesia Kumaran Chinan pun mengatakan, di tengah berlanjutnya ketidakpastian tersebut menjadi penting untuk menjaga ketahanan finansial dengan melakukan perencanaan jangka panjang. Salah satunya dengan menyiapkan dana darurat serta asuransi jiwa.

“Kita harus siap untuk skenario apapun yang menanti kita. Strategi terbaik untuk meningkatkan ketahanan terhadap risiko yang tidak terduga adalah dengan membekali diri kita dengan perencanaan keuangan, seperti asuransi jiwa dan dana darurat, yang memberikan manfaat jangka panjang dan jaminan finansial," ujar Kumaran seperti dikutip dari keterangan tertulis, Senin (11/1/2021).

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Bagi Generasi Milenial dan Gen Z

Kumaran menjelaskan, memiliki asuransi jiwa yang sesuai sangat penting terutama bagi mereka yang memiliki keluarga atau tanggungan.

Selain itu, asuransi jiwa juga penting lantaran terdapat kesenjangan antara biaya kesehatan dengan pendapatan rata-rata masyarakat Indonesia.

Berdasarkan survei yang dilakukan Willis Towers Watson, terdapat kenaikan biaya kesehatan tahunan sebesar 10 hingga 11 persen antara tahun 2017-2019 di Indonesia.

Sebaliknya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Agustus 2020 rata-rata pendapatan tenaga kerja Indonesia turun 5,18 persen dibanding periode yang sama tahun lalu akibat pandemi.

Baca juga: Wakil Ketua Komisi V DPR: Apa Layak Pesawat Usia di Atas 20 Tahun Masih Dipakai?

Kumaran pun menjelaskan bahwa tidak ada kata terlalu dini untuk mulai memiliki asuransi jangka panjang.

Dengan memiliki asuransi lebih awal, orang dapat memperoleh penawaran yang lebih baik untuk asuransi, sehingga mereka juga dapat mengakses perawatan kesehatan yang terjangkau dan menghindari beban keuangan di masa depan.

“Kita harus mampu mengubah tantangan di tahun 2020 menjadi pelajaran yang akan membantu kita bangkit lebih kuat di tahun 2021. Kami mendorong semua orang untuk selalu mempertimbangkan potensi risiko, dan secara proaktif menyusun rancangan keuangan untuk mencapai ketahanan finansial,” ujar Kumaran.

Baca juga: Mendag: Lonjakan Harga Kedelai Saat Ini Tertinggi dalam 6 Tahun Terakhir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com