Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikatan Pilot Indonesia Minta Investigasi SJ 182 Tidak Ada Intervensi Kepentingan

Kompas.com - 11/01/2021, 16:05 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikatan Pilot Indonesia (IPI) meminta kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) agar penyelidikan jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dilaksanakan sesuai ketentuan berlaku.

Ketua IPI Iwan Setyawan mengatakan, mengacu kepada aturan lampiran International Civil Aviation Organization (ICAO), penyelidikan jatuhnya pesawat dilakukan untuk menemukan faktor penyebab kecelakaan dan membuat rekomendasi keselamatan penerbangan yang diperlukan.

Ia berharap proses investigasi tersebut dapat berlangsung dengan baik dan tidak terintervensi oleh adanya kepentingan-kepentingan lain, dalam upaya mengungkap penyebab kecelakaan secara transparan.

Baca juga: 3 Tips Menyikapi Maraknya Fenomena Influencer Saham

“Penyelidik kecelakaan harus memiliki akses tanpa hambatan ke semua bahan dan barang bukti termasuk reruntuhan,rekaman penerbangan, catatan dari pihak pengelola lalu lintas udara dan otoritas tak terbatas untuk memastikan bahwa pemeriksaan terperinci dapat dilakukan,” tuturnya dalam keterangan tertulis, Senin (11/1/2021).

“Tanpa adanya penundaan oleh ahli keselamatan penerbangan yang relevan dan kompeten,” tambah Iwan.

Selain itu, Iwan meminta agar selama investigasi berlangsung, pengumpulan, pencatatan dan analisa semua informasi yang relevan diharapkan tidak terjadi pengungkapan detail data atau catatan kecelakaan, untuk menghindari salah tafsir atas peristiwa yang terjadi, sebagai kesimpulan awal.

Publikasi informasi yang terlalu dini dinilai dapat membahayakan keselamatan penerbangan apabila informasi tersebut tidak memiliki konteks keseluruhan dari data investigasi faktual yang dapat dipertanggungjawabkan.

Baca juga: Besok, 15 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Covid-19 dari Sinovac Akan Tiba di RI

“Kami berharap tidak adanya catatan ataupun pernyataan apapun terhadap kecelakaan ini selain untuk kepentingan investigasi oleh KNKT,” katanya.

Iwan menegaskan, pihaknya siap membantu KNKT terkait konsultasi pelaksanaan investigasi jatuhnya pesawat SJ 182.

“Diharapkan semua upaya dilakukan untuk mencegah terulangnya peristiwa tragis tersebut,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com