Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LinkAja Catat Pertumbuhan Pengguna hingga 65 Persen Sepanjang 2020

Kompas.com - 13/01/2021, 11:41 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Dompet digital LinkAja mencatat pertumbuhan pengguna hingga 65 persen sepanjang 2020 menjadi lebih dari 61 juta pengguna. Dari jumlah itu, 73 persen penggunanya berada di area tier 2 dan 3.

Haryati Lawidjaja, Direktur Utama LinkAja, mengatakan sepanjang tahun lalu perusahaan dituntut untuk bisa terus beradaptasi di tengah pandemi.

"LinkAja sangat bersyukur karena di tahun yang berat ini bisnis yang dijalankan oleh LinkAja dapat bertahan, bahkan mengalami peningkatan di berbagai lini. Terbukti dengan adanya peningkatan transaksi dan volume transaksi sebesar lebih dari empat kali lipat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (13/1/2021).

Baca juga: Salah Input NIK dan Alamat, Ini Cara Agar BLT UMKM Tetap Cair

Adapun jumlah merchant lokal yang telah tergabung dalam ekosistem LinkAja 900,000 merchant yang tumbuh lima kali lipat dari tahun sebelumnya.

Adapun jumlah merchant nasional mencapai lebih dari 315.000 merchant, atau tumbuh dua kali lipat dari tahun sebelumnya di seluruh Indonesia.

LinkAja juga saat ini menjadi alat pembayaran digital terlengkap untuk layanan transportasi publik dan online di 230 moda transportasi, 5,500 SPBU Pertamina, lebih dari 32.000 partner donasi digital, dan lebih dari 5000 e-commerce, pembayaran dan pembelian kebutuhan sehari hari seperti pulsa telekomunikasi, token listrik, tagihan rumah tangga, iuran BPJS, hingga berbagai layanan keuangan lainnya seperti transfer ke semua rekening bank dan tarik tunai tanpa kartu.

Selain itu, LinkAja juga dapat digunakan di lebih dari satu juta titik transaksi untuk pengisian dan penarikan saldo, yang meliputi ATM, transfer perbankan, jaringan ritel, hingga layanan keuangan digital.

“LinkAja optimistis bahwa tahun 2021 Indonesia akan menjadi lebih baik. Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha, kami percaya dengan kegigihan LinkAja dibantu dengan kepercayaan dan dorongan dari para mitra dan pengguna, tujuan besar bersama untuk kesejahteraan masyarakat akan tercapai,” kata Haryati Lawidjaja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com