Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Temui Jokowi, Luhut Ajak Menlu China Hiking ke Danau Toba

Kompas.com - 13/01/2021, 15:21 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengajak Menteri Luar Negeri China Wang Yi melakukan hiking di Danau Toba sebelum berangkat menuju ke Jakarta menemui Presiden Joko Widodo pada sore ini (13/1/2021).

"Beberapa kali dalam lawatan saya ke Tiongkok, saya memang kerap menyampaikan undangan dan ajakan agar beliau berkunjung ke tanah kelahiran saya untuk melihat berkat Tuhan YME berupa Danau Kawah yang terbesar sekaligus tertua di dunia, dan hanya ada di Indonesia ini," tulis Luhut dalam akun Facebook-nya, Rabu.

"Karena saya mengetahui bahwa Bapak Wang Yi punya hobi hiking dan memang sudah lama punya rencana untuk melihat potensi pariwisata di sini, hari ini saya secara khusus mendampingi beliau bersama delegasinya untuk menikmati panorama perbukitan di Kaldera dan mengunjungi beberapa tempat bersejarah yang ada di sekitar Danau Toba," sambung Luhut.

Baca juga: Demi Tahu Tempe, Indonesia Bakal Impor 2,6 Juta Ton Kedelai

Luhut berharap kedatangan Menlu China dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat di tanah kelahirannya tersebut. 

"Saya berharap upaya-upaya kecil ini dapat menghasilkan manfaat dan berkat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia terutama bagi masyarakat Toba Samosir yang selalu punya rasa bangga dan cinta yang besar pada tanah kelahirannya," ujarnya.

Sebelumnya, Luhut dan Wang Yi meneken nota kesepahaman (MoU) terkait kerja sama di beberapa bidang seperti investasi dan perdagangan, pembangunan kapasitas SDM, serta pengembangan sains dan teknologi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com