Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Form Online BLT UMKM Rp 2,4 Juta, Ini Respons Kemenkop UKM

Kompas.com - 15/01/2021, 14:08 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini beredar form yang mengatasnamakan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif untuk Usaha Mikro di media sosial.

Di Facebook banyak masyarakat yang memposting dan membagikan sebuah form yang diklaim sebagai link untuk mendapatkan bantuan UMKM sebesar Rp 2,4 juta.

Menanggapi hal itu, Kemenkop UKM membantah form tersebut dan menegaskan bahwa Kemenkop UKM tidak pernah meminta data pribadi secara langsung kepada calon atau penerima Banpres Produktif.

"Kementerian Koperasi dan UKM TIDAK PERNAH meminta data data pribadi secara langsung kepada calon atau penerima Banpres Produktif. Tunggu informasi hanya di website dan saluran resmi @kemenkopukm dan Dinas Koperasi di daerah masing-masing untuk mendapatkan informasi yang BENAR," sebut Kemenkop UKM dalam akun resminya di Instagram @kemenkopukm, dikutip Kompas.com, Jumat (15/1/2021).

Baca juga: Salah Input NIK dan Alamat, Ini Cara Agar BLT UMKM Tetap Cair

Dalam postingan tersebut, Kemenkop UKM juga meminta masyarakat untuk terus berhati-hati dalam menerima informasi ataupun membagikan data pribadi seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Tempat tanggal lahir, Nama Ibu Kandung, dan infromasi pribadi lainnya, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Perlu diketahui juga, informasi terkait Banpres Produktif untuk usaha mikro akan diumumkan di website resmi www.kemenkopukm.go.id.

Pendaftaran calon penerima hanya dilakukan melalui lembaga pengusul dalam hal ini adalah Dinas Koperasi dan UKM dan lembaga yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

Baca juga: Jumlah UMKM yang Jualan di Tokopedia Melonjak Lebih dari 2,5 Juta Selama 2020

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com