Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokopedia Ungkap Tren Hobi dari Jenis Barang yang Banyak Dibeli Selama Pandemi

Kompas.com - 21/01/2021, 18:27 WIB
Elsa Catriana,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi mendorong masyarakat menjadi semakin kreatif dalam mengisi waktu luang lebih banyak selama di rumah.

Salah satunya menggeluti beragam hobi serta kegiatan baru demi meningkatkan produktivitas.

Tokopedia pun mencatatkan, berdasarkan pembelian di Tokopedia, bersepeda, fitness, memancing, mendaki dan berkemah, serta sepak bola atau futsal menjadi olahraga yang digemari masyarakat selama 2020.

Baca juga: Jumlah UMKM yang Jualan di Tokopedia Melonjak Lebih dari 2,5 Juta Selama 2020

"Hal itu terlihat dari peningkatan transaksi pada kategori Sports & Hobbies di Tokopedia menjadi hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan 2019," ujar External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengutip siaran persnya, Kamis (22/1/2021).

Selain berolahraga, lanjut Ekhel, kegiatan membaca pun semakin diminati selama pandemi.

Buku tentang religi, pengembangan diri, novel dan sastra serta buku remaja dan anak masih menjadi beberapa kategori buku yang paling populer di Tokopedia selama 2020 dengan transaksi pada subkategori Buku meningkat hampir dua kali lipat.

Menambah estetika serta kesejukan rumah, berkebun juga bermanfaat untuk menyegarkan pikiran, sehingga menjadi salah satu hobi banyak masyarakat selama pandemi.

Baca juga: Pengamat: Merger Gojek-Tokopedia adalah Win Win Solution...

Tokopedia mencatatkan kenaikan transaksi lebih dari empat kali lipat pada subkategori Taman sepanjang 2020 jika dibandingkan 2019.

Tak hanya itu, melukis ternyata menjadi tren baru di kala pandemi.

Paint by numbers, contohnya, terus diminati masyarakat karena teknik melukis yang mengikuti angka pada gambar sangat memudahkan bagi para pemula untuk menghasilkan lukisan yang indah.

Tingginya minat masyarakat terhadap hobi melukis ini terlihat dari kenaikan penjualan yang signifikan pada subkategori Office & Stationery di Tokopedia yang mencapai hampir dua kali lipat selama 2020.

"Selain itu, hobi memasak juga terus digemari masyarakat di tengah pandemi. Kami melihat pada penjualan kategori Home & Living di Tokopedia yang meningkat lebih dari dua kali lipat selama 2020 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya," ucap Ekhel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com