Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akuisisi Air Mancur Group, Combiphar: Ini Warisan Indonesia, Sayang Jika Diambil Asing

Kompas.com - 26/01/2021, 13:37 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan farmasi Combiphar mengumumkan telah mengakuisi Air Mancur Group sejak Desember 2019. Langkah tersebut dilakukan guna memperkuat model bisnis Combiphar pada segmen obat-obatan herbal.

"Combiphar sudah mengambil alih kepemilikan saham mayoritas Air Mancur Group pada Desember 2019," kata Presiden Direktur Combiphar, Michael Wanandi, dalam konferensi pers virtual, Selasa (26/1/2021).

Michael mengatakan, pihaknya memutuskan untuk membeli saham mayoritas Air Mancur Group, agar kepemilikan perusahaan jamu asal Solo, Jawa Tengah, itu tidak jatuh kepada perusahaan asing.

Baca juga: Dibanding Tahun Lalu, Ekspor Produk Jamu Indonesia Naik 14,08 Persen pada Januari-September 2020

Menurut dia, sejak berdirinya pada 1963, produk-produk Air Mancur telah banyak dikenal dan digunakan oleh masyarakat Indonesiadan dapat dikatakan sebagai warisan atau heritage nasional.

"Pada saat itu ada beberapa perusahaan yang berminat ngambil (Air Mancur) ya, dan sayang ini heritage Indonesia, di Solo, kalau sampai diambil orang asing," ujarnya.

Selain itu, dengan produk-produk Air Mancur yang lebih difokuskan pada jamu dan obat herbal, disebut Michael akan semakin memperkuat portofolio bisnis Combiphar.

"Kita merasa ini cocok, makanya kita mengambil keputusan untuk mengambil alih Air Mancur ini," katanya.

Dengan masih merebaknya pandemi Covid-19, akusisi ini juga dinilai Michael dapat membantu program pemerintah untuk meningkatkan konsumso jamu atau produk-produk herbal sebagai alternatif masyarakat.

"Portofolio Air Mancur Group akan memperkuat posisi Combiphar sebagai perusahaan consumer healthcare, dan melengkapi produk-produk konsumen kami terutama di area preventif," ucapnya.

Baca juga: Pedagang Jamu Keliling Dapat BLT UMKM Rp 2,4 Juta, Kaget dan Ingin Kunjungi Cucu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com