Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 30 Januari Tarif Tol BORR Naik, Ini Rinciannya

Kompas.com - 27/01/2021, 20:44 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga kembali melakukan penyesuaian tarif baru di Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) mulai 30 Januari 2021.

Penyesuaian tarif tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.08/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Pada Jalan Tol Bogor Ring Road.

Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) Dedi Krisnariawan Sunoto mengatakan, penyesuaian tarif Tol BORR tersebut telah melalui berbagai pertimbangan, salah satunya pengembalian modal investasi.

Baca juga: Tarif Tol Jakarta-Bandung Terbaru di 2021

"Pemberlakuan tarif ini juga mempertimbangkan keseimbangan antara kemampuan membayar pemakai jalan tol dengan pengembalian investasi yang kondusif, pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan peningkatan pelayananan dari Ruas BORR," katanya melalui keterangan tertulis, Rabu (27/1/2021).

Selain itu, penyesuaian tarif disebabkan adanya penambahan ruas tol yang beroperasional sepanjang 3,8 kilometer (Km). Dari yang sebelumnya 7,5 Km menjadi 11,3 Km di Seksi IIIA tepatnya Simpang Yasmin hingga Semplak.

Pasalnya kata Dedi, konstruksi simpangan kedua jalanan tersebut merupakan jalan layang sehingga memerlukan biaya konstruksi yang lebih tinggi sekitar 4-5 kali lipat dari konstruksi at grade.

Pemberlakuan tarif baru Jalan Tol BORR ini juga memperhitungkan inflasi 2,5 tahun yaitu dari Juni 2018 sampai dengan Desember 2020 sebesar 7,32 persen.

PT Marga Sarana Jabar (MSJ) anak usaha Jasa Marga ini juga melakukan peningkatan layanan antara lain dengan peningkatan kapasitas transaksi dengan penambahan jumlah titik layanan bergerak berupa Mobile Reader (MR) sebanyak 4 unit, layanan penyediaan area Top Up Center (TUC).

Berikutnya, peningkatan layanan satu Gardu Reversible (gardu layanan dua arah), serta pembangunan Simpang Susun Sentul integrasi Jagorawi.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan berbagai kendaraan operasional yang siap siaga selama 24 Jam untuk membantu penanganan gangguan atau kecelakaan di Ruas Jalan Tol BORR. Meliputi 2 unit mobile customer service, 1 unit kendaraan ambulans, 1 unit kendaraan derek, 1 unit kendaraan penyelamatan, dan 17 unit kendaraan patroli jalan raya dari Korlantas Polri.

Baca juga: Tarif Tol Terbaru dari Jakarta Menuju Semarang dan Surabaya di 2021

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com