Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang yang Akan Terbang ke Yogyakarta dan Solo Diminta Terus Pantau Status Penerbangan

Kompas.com - 28/01/2021, 05:47 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Angkasa Pura I (Persero) mengantisipasi dampak erupsi Gunung Merapi terhadap dua bandara yang dikelola, yakni Bandara Adi Soemarmo Solo dan Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Rabu (28/1/2021) malam, Angkasa Pura I (AP I) melakukan sejumlah kesiapan yang meliputi di antaranya melakukan aerodrome observation berupa pengamatan lapangan, visual report, dan paper test on airside dan berkoordinasi dengan pihak terkait.

Lainnya adalah memonitor penerbitan NOTAM oleh Direktorat jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, melaksanakan safety risk assesment, menyiapkan skenario penanganan penumpang untuk mengantisipasi penumpukan di area keberangkatan, area check in, area publik, akibat pembatalan penerbangan (cancel flight).

Baca juga: Luhut: Jangan Impor-impor lagi, Kita Bisa Ekspor...

AP I juga menyiapkan skenario pengalihan penerbangan yang berkoordinasi dengan stakeholder terkait, serta melakukan pelayanan bagi penumpang yang terdampak delay.

"Seluruh penumpang yang akan terbang dari dan menuju Solo dan Yogyakarta, diharapkan untuk terus memantau status penerbangan Anda melalui pihak maskapai dan/atau dapat mengikuti perkembangan status operasional bandara terkini dengan menghubungi layanan Contact Center Angkasa Pura I di nomor 172 atau Twitter @AngkasaPura172," ujar Vice President Corporate Secretary Angkasa Pura I Handy Heryudhitiawan.

Sebagai informasi, Bandara Adi Soemarmo Solo beroperasi pada pukul 07.00 - 18.00 WIB, sedangkan Bandara Adisutjipto Yogyakarta beroperasi pada pukul 07.00 - 16.00 WIB. Angkasa Pura I terus berkoordinasi dengan otoritas dan stakeholder terkait dalam memonitor kondisi terkini dan menginformasikan ke publik mengenai status operasional kedua bandara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com