Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi BBM Pertamina Sepanjang 2020 Lampaui Target

Kompas.com - 02/02/2021, 06:15 WIB
Rully R. Ramli,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional atau KPI menyatakan, realisasi produksi pengolahan minyak mentah dan intermediate di kilang pada tahun 2020 melampaui target yang telah ditetapkan.

Corporate Secretary KPI Ifki Sukarya mengatakan, produksi pengolahan minyak yang terdiri dari pertalite, pertamax, pertamax turbo, kerosene, avtur, solar dan biosolar, dexlite, pertadex, paraxylene, dan benzene sepanjang tahun lalu mencapai lebih dari 3,87 persen dari target yang dipatok.

Baca juga: Bos BI Optimistis Inflasi Terjaga di Kisaran 2-4 Persen Sepanjang 2021

“(Ini) menunjukan komitmen tinggi PT KPI untuk meningkatkan pemenuhan kebutuhan energi nasional dengan tetap memperhatikan efisiensi serta protokol kesehatan dan keselamatan kerja dalam pengelolaan kilang,” tutur Ifki dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (2/2/2021).

Selain itu, pada tahun lalu KPI berhasil merealisasikan target penyerapan minyak mentah dan produk intermediate untuk diolah di kilang Pertamina sebanyak 7,34 persen di atas target.

“Sedangkan untuk produk kilang yang dihasilkan untuk dikonsumsi mengalami peningkatan sebesar 11,49 persen,” ujar Ifki.

Menurut Ifki, hasil kinerja itu tereqlisasi dengan adanya efisiensi proses dalam rangka mengurangi pemakaian energi yang diperlukan untuk mengoperasikan kilang yang dinamakan Energy Intensity Index (EII) sebesar 109,56 persen di bawah target maksimal yang diijinkan sebesar 111 persen.

Baca juga: PLN hingga Pertamina Ramai-ramai Turunkan Pinjaman ke Bank, Totalnya Rp 61,94 Triliun

Aspek keandalan kilang pun tercatat meningkat dari indicator Plant Availability Factor, yang merupakan indicator jaminan ketersediaan hari operasi kilang untuk pencapaian target produksi dari target di 2020 sebesar 99,12 persen meningkat menjadi 99.57 persen.

“Kinerja operasi positif ini merupakan konsolidasi kinerja dari 6 Refinery Unit yang ada di Dumai, Plaju, Balongan, Cilacap Balikpapan, dan Kasim serta 1 Kilang TPPI yang ada di Tuban,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com