Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beri "Tribute" untuk Gerakan Wall Street Bets, Reddit Pasang Iklan di Super Bowl

Kompas.com - 08/02/2021, 14:06 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber ad age

NEW YORK, KOMPAS.com - Reddit memasang iklan berdurasi 5 detik saat siaran langsung Super Bowl di Amerika Serikat.

Iklan tersebut berisi tribute atau penghormatan kepada komunitas Wall Street Bets yang sukses membuat para investor besar di Wall Street (pasar saham New York) rugi besar.

“Satu hal yang kita pelajari dari komunitas kami minggu lalu adalah, kuda hitam bisa mencapai apa saja ketika mereka bergabung menyatukan ide yang sama,” sebut iklan Reddit seperti dilansir Ad Age, Senin (8/2/2021).

Baca juga: Investor Receh, Bandar Besar, dan "Connected Society"

Iklan itu merujuk kepada fenomena meroketnya harga saham GameStop akibat aksi beli oleh para investor ritel yang terpicu oleh komunitas saham di situs media sosial tersebut.

"Iklan ini merupakan merupakan perayaan besar bagi komunitas Reddit, dan bisa menjadi pengingat bahwa saat orang-orang dengan passion yang bergabung, maka hal yang luar biasa pun terjadi," ucap Chief Marketing Officer Reddit Roxy Young mengutip Variety.

Adapun materi iklan berdurasi 5 detik tersebut, berisikan :

“Wow, ini benar-benar berhasil. Jika Anda membaca ini, artinya taruhan kami terbayar. Tempat pertandingan besar itu mahal, jadi kami tidak bisa membeli yang lengkap. Tetapi kami terinspirasi dan memutuskan untuk menghabiskan seluruh anggaran pemasaran kami untuk waktu siaran 5 detik. Satu hal yang kami pelajari dari komunitas kami minggu lalu adalah bahwa underdog dapat mencapai apa pun ketika mereka bersatu dengan ide yang sama,” tulis iklan tersebut.

Baca juga: Terimbas Aksi Investor Receh di Pasar Saham, Harga Emas Melonjak

“Siapa tahu, mungkin Anda akan menjadi alasan buku-buku keuangan harus menambahkan bab tentang ‘tendies’ (istilah slang untuk keuntungan). Mungkin Anda akan membantu SuperbOwl mengajari dunia tentang kekuatan, atau Anda bahkan akan menjeda iklan 5 detik ini. Hal-hal yang kuat terjadi ketika orang-orang mengumpulkan sesuatu yang sangat mereka pedulikan. Dan ada tempat untuk itu. Ini disebut Reddit,” sambung iklan tersebut.

Reddit merupakan media sosial yang cukup popular di Amerika Serikat dan Eropa. Awalnya Reddit didirikan oleh Steve Huffman dan Alexis Ohanian di tahun 2005 dengan tujuan mengekspresikan kemarahan tentang isu-isu konvensional yang terjadi.

Selang beberapa tahun, Reddit terus berkembang dalam bentuk forum diskusi yang menjadi wadah untuk memuaskan ekspresi banyak orang untuk berpendapat.

Wallstreetbeat atau yang dikenal dengan WSB merupakan subreddit atau bisa dikatakan sebagai forum diskusi yang ada di Reddit, yang mempertemukan sesama investor retail saham.

Komunitasi Anggota subreddit seringkali adalah para investor retail muda dan investor yang mengabaikan praktik investasi fundamental dan teknik manajemen risiko, sehingga aktivitas mereka cenderung spekulatif dan ini umumnya menerapkan strategi perdagangan agresif.

Super Bowl sendiri merupakan pertandingan kejuaraan tahunan National Football League (NFL) yang mempertemukan juara divisi National Football Conference (NFC) dan juara divisi American Football Conference (AFC).

Super Bowl adalah salah satu tayangan televisi yang paling banyak ditonton di Amerika Serikat. Bahkan, pemasang iklan sepanjang pertandingan membutuhkan jutaan dollar AS. Hal ini tentunya menjadi peluang bagi Reddit untuk unjuk gigi dalam perhelatan yang ditonton banyak orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ad age
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com