Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Digital BCA Bakal Meluncur di Semester I Tahun Ini

Kompas.com - 08/02/2021, 20:00 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk tidak mengubah rencana awal peluncuran bank digital. Bank swasta terbesar itu tetap akan meluncurkan bank digital pada semester I 2021.

Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja mengatakan, bank digital yang diluncurkan bakal menjadi neo-bank. Sebab, bank tersebut tidak akan memiliki cabang (branchless) dan tidak ada transaksi secara tunai.

"Kalau ditanya apakah ini akan jadi neo bank? Iya. Dompleng (bergabung) kepada ATM dan networking BCA. Ada satu branch saja secara nasional," kata Jahja dalam paparan kinerja BCA secara virtual, Senin (8/2/2021).

Baca juga: PNM Belum Berani Janji Bunga Turun di Bawah 10 Persen

Di saat yang sama, Direktur Keuangan BCA Vera Eve Lim mengutarakan, bank digital nantinya akan menyasar nasabah milenial secara khusus.

Adapun saat ini, proses pengembangan aplikasi bank digital masih terbatas pada internal perseroan.

"Saat ini kita sedang piloting secara internal. Kita rencanakan akan launch pada masyarakat di semester I tahun ini. silakan ditunggu siap melayani nasabah terutama para milenial," ungkap Vera.

Sebagai informasi, minat BCA membentuk bank digital sudah terlihat sejak tahun 2019. Minat makin terbentuk saat BCA resmi mengakuisisi PT Bank Royal Indonesia.

Baca juga: Ini Strategi Widodo Makmur Unggas Gaet Investor

Perjanjian akta jual beli saham dilakukan setelah BCA mendapat persetujuan efektif dari OJK.

Dengan penandatangan akta jual beli tersebut, BCA resmi memiliki 99,99 persen saham Bank Royal. Sementara sisanya sebesar 0,01 persen dikuasai oleh PT BCA Finance.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com