Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salurkan Pembiayaan, BPR Gandeng Fintech

Kompas.com - 16/02/2021, 12:31 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Perkreditan Rakyat (BPR) mulai menggandeng fintech untuk menyalurkan pembiayaan kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Salah satunya yakni PT. BPR Masyarakat Mandiri atau lebih dikenal dengan Bank MM yang menggandeng PT Modal Rakyat Indonesia (Modal Rakyat) untuk menyalurkan pembiayaan hingga Rp 2 miliar.

"Bank MM merupakan salah satu institusi keuangan yang menghubungi kita langsung untuk mengutarakan minat menjadi pendana institusi di Modal Rakyat. Kita harapkan minat dan intensi seperti ini dapat terus bertambah dari kalangan pelaku BPR di tahun 2021 ini,” ujar CEO Modal Rakyat Hendoko mengutip siaran persnya, Selasa (16/2/2021).

Pembiayaan akan difokuskan bagi pelaku UMKM yang terdaftar di Modal Rakyat dengan penyaluran Rp 100 juta - Rp 2 miliar, dengan durasi pinjaman 1-6 bulan.

Baca juga: Ini Daftar Terbaru Fintech P2P Lending yang Terdaftar di OJK

Hingga kini, Modal Rakyat sebagai perusahaan fintech lending telah menyalurkan pembiayaan lebih dari Rp 914 miliar kepada lebih dari 20.000 pelaku UMKM di seluruh Indonesia.

Sementara, per Desember 2020, ada sebanyak 62,82 persen penyaluran pembiayaan di DKI Jakarta, dan 31,18 persen di luar DKI Jakarta.

Adapun penyaluran sebanyak 51,81 persen pada sektor teknologi dan 27,32 persen sektor perdagangan. Sedangkan jumlah pendana hingga kini terdapat lebih dari 45.000 pendana individu dan 13 pendana institusional (termasuk Bank MM) di Modal Rakyat.

“Tahun 2021, kami menargetkan penyaluran pembiayaan Rp 2 triliun. Kami berharap ke depan semakin banyak pendana institusi, termasuk BPR yang bekerja sama dengan Modal Rakyat. Semoga kolaborasi dan aliansi antara Institusi Keuangan non digital dan digital makin solid dan prima di tahun 2021 ini," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank MM Febrianto Anugrah Kesuma mengatakan, kerja sama dengan Modal Rakyat menjadi salah satu langkah strategis bagi Bank MM. Sebab, sejauh ini Bank MM memiliki visi yang sejalan dengan Modal Rakyat dalam membantu para UMKM.

“Dengan bertumbuhnya layanan Finansial Teknologi yang saat ini mulai berkembang di Indonesia di mana kini Layanan Keuangan bisa diakses lebih mudah, cepat dan luas. Hal ini mendasari kami bekerjasama dengan Modal Rakyat dalam penyaluran pendanaan kepada pelaku UMKM,” kata dia.

Baca juga: Pembiayaan Fintech Diperkirakan Capai Rp 100 Triliun pada 2021

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com