Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Melemah Rabu Pagi, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 17/02/2021, 09:53 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS melemah di pasar spot pagi ini, Rabu (17/2/2021).

Melansir Bloomberg, rupiah pada pukul 09.15 WIB berada pada level Rp 13.980 per dollar AS atau melemah 0,36 persen (50 poin) dibandingkan dengan penutupan sebelumnya Rp 13.930 per dollar AS.

Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, pelemahan rupiah pagi ini terjadi mengikuti sentimen pelemahan mata uang regional.

Pelemahan mata uang regional terjadi akibat kenaikan yield obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun yang sudah menembus 1,32 persen pada perdagangan kemarin dan ini merupakan level tertinggi sejak Maret 2020.

“Rupiah berpotensi melemah terhadap dollar AS hari ini mengikuti sentimen pelemahan mata uang regional karena meningginya tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS. Yield yang meninggi ini memicu penguatan dollar AS,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: IHSG Melaju di Zona Merah Pagi Ini

Arisron mengatakan, kenaikan yield tersebut kemungkinan karena optimisme pasar terhadap prospek pemulihan ekonomi AS dengan dukungan program stimulus fiskal besar pemerintah.

Selain itu, revisi penurunan target pertumbuhan PDB Indonesia 2021 juga mampu mendorong pelemahan nilai tukar rupiah.

“Tapi di sisi lain, optimisme pemulihan ekonomi global belakangan ini mungkin bisa menahan pelemahan rupiah terhadap dollar AS hari ini,” jelas dia.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 13.900 per dollar AS sampai dengan Rp 14.000 per dollar AS.

Baca juga: Hari Ini, Harga Emas Antam Anjlok Rp 13.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com