Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina EP Berhasil Genjot Produksi Minyak di Sumur Akasia Bagus Indramayu

Kompas.com - 22/02/2021, 15:30 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina EP mampu meningkatkan produksi minyak mentah di sumur Akasia Bagus (ABG)-008.

General Manager Pertamina EP Asset 3 Wisnu Hindadari mengatakan, pihaknya berhasil meningkatkan produksi sumur di Desa Sumbon Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, itu dari 578 barrel per hari, menjadi 1.580 barel per hari.

Ia menjelaskan, sumur yang telah berproduksi sejak tahun lalu itu, berhasil ditingkatkan produktivitasnya melalui program well intervention pada awal tahun 2021.

Baca juga: Ada Transparasi Suku Bunga, BI: Masyarakat Bisa Pilih Bank Berbunga Kredit Paling Murah

ABG-008 sendiri merupakan salah satu dari tiga sumur Step Out di wilayah kerja Asset 3 di Jawa Barat, yang berhasil dibor oleh Pertamina EP pada tahun 2020 lalu.

Target produksi awal dari ABG-008 adalah minyak sebesar 460 barrel per hari, namun uji produksi membuktikan bahwa ABG-008 mampu berproduksi hingga  578 barrel per hari.

“Uji produksi ini juga menunjukan bahwa ABG-008 memiliki potensi lebih besar lagi sehingga tim Pertamina EP Asset 3 pun mengusulkan program well intervention berupa stimulasi yang mulai dieksekusi pada 6 Januari 2021,” tutur Wisnu dalam keterangan tertulis, Senin (22/2/2021).

Saat ini, Pertamina EP Asset 3 yang terdiri dari Jatibarang Field, Subang Field dan Tambun Field memproduksikan minyak sebesar rata-rata 12,620 barrel per hari dan gas sebesar rata-rata 264.6 MMSCFD.

Lebih lanjut Wisnu menegaskan komitmen Pertamina EP Asset 3 untuk berperan  aktif dalam upaya pemenuhan kebutuhan energi nasional.

Baca juga: Keluh Kesah Pengusaha yang Bisnisnya Terdampak Banjir Jakarta

“Untuk itu pada tahun 2021 ini Pertamina EP akan melaksanakan 28 pengeboran pengembangan, 143 well intervention dan 12 kerja ulang di wilayah kerja Asset 3,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com