Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lion Air Gratiskan Bagasi Penerbangan Rute Jakarta-Batam, Simak Syaratnya

Kompas.com - 22/02/2021, 15:40 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Lion Air memberikan layanan gratis bagasi 15 kilogram (kg) yang mulai efektif berlaku hari ini, Senin (22/2/2021).

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, layanan ini berlaku untuk barang bawaan penumpang yang diserahkan dan dilaporkan melalui petugas di meja pelaporan terminal keberangkatan bandar udara, setelah ditimbang dan dibawa ke ruang bagasi atau kompartemen kargo pesawat udara.

“Layanan bagasi tercatat gratis 15kg merupakan program baru Lion Air untuk menjawab peluang dan tantangan bisnis seiring pertumbuhan tren perjalanan udara yang simpel, sesuai era kekinian,” tutur Danang.

Baca juga: Ini Cara Membuat Izin Usaha Mikro Kecil atau UMKM

Selain itu, layanan ini juga berlaku khusus pemesanan awal sebelum keberangkatan (prepaid baggage) pada jadwal penerbangan rute domestik Lion Air yang dilayani pergi pulang (PP), meliputi:

  • Jakarta-Batam-Jakarta, keberangkatan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten (CGK)
  • Batam-Jakarta-Batam, keberangkatan dari Bandara Internasional Hang Nadim di Batu Besar, Pulau Batam, Kepulauan Riau (BTH)

Untuk dapat menggunakan layanan ini, Danang menambahkan, terdapat sejumlah ketentuan yang perlu diikuti oleh para calon penumpang.

Pertama, layanan ini hanya berlaku bagi calon penumpang yang mempunyai tiket penerbangan Lion Air, pada periode pemesanan dan penerbangan mulai 22 Februari 2021 dan seterusnya.

Kemudian, proses mendapatkan bagasi gratis 15 kg bersamaan ketika melakukan pembelian atau pemesanan tiket (issued ticket) mulai 22 Februari 2021 dan seterusnya, yang dapat dilakukan secara online maupun offline.

“Proses mendapatkan gratis bagasi 15 kg dilakukan maksimal 6 jam sebelum keberangkatan,” kata Danang.

Lalu, bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air dan belum memperoleh gratis bagasi 15 kg, maka dapat mendapatkan layanan tersebut dengan cara mengisi atau memasukkan (input) kode pemesanan tiket (booking code) pada tahap pemilihan bagasi 15 kg melalui www.lionair.co.id.

Alternatif lain yang dapat dilakukan ialah menunjukkan kode pemesanan tiket melalui kantor penjualan Lion Air Group.

“Ketika di check-in counter, harap pastikan bagasi bertanda khusus (dilabeli) sesuai data penerbangan dan destinasi yang tepat. Nomor tanda terima bagasi dan bagasi terdaftar harus sama,” ucap Danang.

Baca juga: Perusahaan Wajib Daftarkan Pekerja untuk Program JKP Paling Lambat 30 Hari Sejak Tanggal Bekerja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com