Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perluas Pasar Produk Mamin, Indonesia Ikut Gulfood 2021 di Dubai

Kompas.com - 23/02/2021, 11:42 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus gencar mempromosikan produk makanan dan minuman (mamin) Indonesia ke pasar nontradisional, seperti kawasan Teluk dan Timur Tengah.

Salah satunya melalui keikutsertaan pada pameran Gulfood 2021 di Dubai World Trade Centre, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada 21-25 Februari 2021. Gelaran ini jadi ajang promosi produk mamin Indonesia dengan memanfaatkan kemeriahan Expo 2020 Dubai.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Kasan mengatakan, pasar mamin Indonesia di kawasan Teluk dan Timur Tengah berpotensi terus meningkat. Hal itu tercermin dari nilai ekspor makanan olehan ke UEA yang meningkat sepanjang 2020.

“UEA adalah hub (penghubung) bagi Kawasan Teluk dan Timur Tengah. Sebagai pasar potensial, nilai ekspor makanan olahan Indonesia ke UEA pada 2020 tercatat sebesar 89,42 juta dollar AS, atau meningkat 27,09 persen dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Kasan dalam keterangan tertulis, Selasa (23/2/2021).

Baca juga: China Bantah Lancarkan Jebakan Utang di Negara-negara Afrika

Gulfood merupakan pameran tahunan bergengsi dan bertaraf internasional terbesar di UEA. Pada 2020, pameran ini diikuti 5.000 peserta dari 120 negara dan dikunjungi 92.902 pengunjung dan buyer dari 186 negara.

Sekitar 59 persen pengunjung berasal dari kawasan Amerika dan Asia, sementara sisanya adalah pengunjung lokal. Pada gelaran tahun ini, sebanyak 15 perusahaan Indonesia turut berpartisipasi.

“Meskipun pandemi belum sepenuhnya berakhir, Kemendag ingin memanfaatkan momen awal tahun dan menjelang gelaran Expo 2020 Dubai untuk menggebrak pasar produk mamin unggulan Indonesia yang dapat berkontribusi pada peningkatan nilai ekspor di Kawasan Teluk dan Timur Tengah,” jelas Kasan.

Lewat tema 'Trade with Indonesia' Paviliun Indonesia menempati Zona World Food Hall Syeikh Rashid. Paviliun Indonesia merupakan hasil kerja sama Ditjen PEN dengan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Dubai dan Konsulat Jenderal RI di Dubai.

Dari 15 perusahaan Indonesia yang berpartisipasi pada pameran ini, paviliun Indonesia menampilkan 10 perusahaan yang difasilitasi Kemendag.

Perusahaan tersebut yakni PT Monde Mahkota Biskuit (biskuit dan wafer), Cahaya Kencana (makanan ringan), PT Niramas Utama (olahan nata de coco), PT Sinar Sosro (teh olahan), Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah (kopi), CV Mahorahora Bumi Nusantara (rempah), Regal Springs (produk perikanan), PT United Family Food (permen), Maher Indonesia Group (minyak dan gula kelapa), Fruta Agonas (buah segar).

Selain itu, ada 2 perusahaan mengikuti pameran secara mandiri di Paviliun Indonesia, yaitu PT Nison Indonesia (makanan kaleng) dan PT AK Goldenesia (kelapa sawit).

Sedangkan 3 perusahaan lainnya, berada di Zona Fats and Oils Hall Za’abeel. Perusahaan tersebut yakni PT ICC Indonesia, PT Multi Commodity Indonesia, dan PT Sri Makmur Abadi.

“Melalui promosi dagang ini, diharapkan dapat menggaungkan partisipasi Indonesia pada Expo 2020 Dubai sehingga berperan maksimal dalam menjangkau negara-negara di kawasan Teluk dan Timur Tengah,” tutupnya.

Adapun dalam lima tahun terakhir atau periode 2016-2020, tren ekspor makanan olahan Indonesia ke UEA tumbuh sebesar 6,23 persen. Ekspor komoditas tersebut mencapai 89,42 juta dollar AS pada 2020.

Lima produk makanan olahan yang diekspor ke UEA dengan nilai tertinggi selama periode itu adalah kakao, ekstrak kopi, rempah, minyak sayur, dan kembang gula.

Sementara ekspor nonmigas Indonesia ke UEA mencapai 1,23 miliar dollar AS pada 2020. Pada periode itu, lima produk ekspor Indonesia ke UEA dengan nilai tertinggi yaitu kelapa sawit dan turunannya, perhiasan, kendaraan, baja, serta telepon genggam.

Baca juga: Industri Mamin dan Logam Masih Punya Gereget

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com