Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Proporsi Investasi Emas yang Ideal untuk Karyawan?

Kompas.com - 27/02/2021, 17:20 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berinvestasi telah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat masa kini. Investasi dipercaya dapat memberikan keuntungan sehingga dapat mengakumulasikan kekayaan di masa mendatang.

Salah satu instrumen investasi yang bisa dipilih adalah investasi emas. Keuntungan berinvestasi emas bagi seorang karyawan dengan pendapatan yang tetap, tentu menjadi pilihan yang aman untuk dimasukkan ke dalam portofolio investasi.

Lalu, seberapa besar proporsi emas yang ideal dalam portofolio investasi?

Baca juga: Rincian Harga Emas Batangan 0,5 Gram hingga 1 Kg di Pegadaian Terbaru

Co-Founder & CMO IndoGold Indra Sjuriah mengatakan, besaran investasi emas bergantung pada tiap individu. Yang pasti, sebelum berinvestasi karyawan harus membagi pos-pos pengeluaran rutin begitu menerima gajinya.

“Penentuan proporsi investasi emas disesuaikan dengan tujuan finansial yang ingin diraih di masa mendatang. Misalnya, untuk biaya pendidikan, dana darurat atau kebutuhan lainnya," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, dikutip Sabtu (27/2/2021).

Dia mengatakan, besaran investasi emas bergantung dengan profil masing-masing.

Apabila profilnya agresif, dana yang disisihkan untuk emas bisa 10 persen. Sisanya bisa ditaruh pada instrumen investasi lain dengan imbal balik dan risiko yang tinggi.

"Sedangkan profil konservatif di angka 30-40 persen," ungkapnya.

Menurut Indra, dengan mendiversifikasikan investasi ke lebih dari satu instrumen investasi, dapat meminimalkan risiko keuangan.

Dia menambahkan, untuk memulai investasi emas tidak perlu menunggu momentum yang tepat ketika harga emas naik atau turun.

Pasalnya sebut Indra, investasi emas memang ditunjukkan untuk jangka panjang, yakni minimal 5 tahun.

Baca juga: Harga Emas Antam Anjlok Rp 22.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com