Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Menguat, Asing Borong Saham BBRI dan BBCA

Kompas.com - 03/03/2021, 15:47 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir menguat pada perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (3/3/2021).

IHSG ditutup naik 0,28 persen (17,5 poin) di level 6.376,75.

Melansir RTI, total transaksi hingga sore ini mencapai Rp 12,7 triliun dengan volume 27,24 miliar saham. Net buy asing tercatat sebesar Rp 521,38 miliar di seluruh pasar.

Sektor basic industry menyumbang kenaikan IHSG sebesar 1,6 persen, dilanjutkan dengan sektor finance sebesar 1,1 persen.

Baca juga: Pendapatan Tergerus Akibat Pandemi, Yelooo Integra Bakal Right Issue 1,9 Miliar Saham

Asing sore ini paling banyak borong saham Bank BRI (BBRI) sebesar Rp 108,3 miliar,saham Bank BCA (BBCA) sebesar Rp 101,4 miliar, dan saham Bank Mandiri (BMRI) senilai Rp 69 miliar.

Sementara saham yang paling banyak di lepas asing adalah, Bank BNI (BBNI) sebesar Rp 64,6 miliar, Bumi Serpong Damai (BSDE) Rp 20,6 miliar, dan saham Indofood Sukses Makmur (INDF) senilai Rp 15,8 miliar.

Top gainers sore ini antara lain, saham Bank MNC International (BABP) yang meroket 34,7 persen di level Rp 93 per saham. Kemudian, saham Era Mandiri Cemerlang (IKAN) melesat 34,4 persen di level Rp 156 per saham, dan saham Bank Artha Graha (INPC) juga menguat 25 persen di level Rp 320 per saham.

Sedangkan top losers sore ini adalah saham Wismilak Inti Makmur (WIIM) dengan penurunan 6,7 persen di level Rp 825 per saham. Kemudian, saham Bank Net Indonesia Syariah (BANK) juga melemah 5,4 persen di level Rp 2.100, dan Alam Sutera Reality (ASRI) juga turun 3,17 persen di level Rp 244 per saham.

Sementara bursa Asia sore ini bergerak di zona hijau.  Indeks Hang Seng Hong Kong menguat  2,7 persen, Nikkei naik 0,5 persen, indeks komposit Shanghai meningkat 1,9 persen, dan indeks Strait Times Singapura bertambah 0,74 persen.

Adapun bursa saham Eropa sore ini juga positif dengan kenaikan indeks FTSE 1,05 persen, dan Xetra Dax 0,82 persen.

Baca juga: Sesi I IHSG Menguat, Rupiah Beranjak Meninggalkan Level Rp 14.300 Per Dollar AS

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com