Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Berbalik Menguat, Ditutup Pada Level Rp 14.245 Per Dollar AS

Kompas.com - 03/03/2021, 15:59 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS ditutup menguat di pasar spot pada Rabu (3/3/2021).

Melansir Bloomberg, rupiah menguat 80 poin (0,56 persen) pada level Rp 14.245 per dollar AS dibandingkan penutupan sebelumnya Rp 14.324 per dollar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, penguatan rupiah hari ini terdorong oleh optimisme pemerintah yang meyakini di tahun 2021 ekonomi Indonesia akan pulih atau tumbuh positif pada kisaran 4,5-5,3 persen, atau bangkit dari jurang resesi.

“Adapun prediksi itu mengacu pada angka kesembuhan dari kasus Covid-19 yang meningkat hingga 85,88 persen dan tren angka kematian yang terus turun 2,71 persen. Selain itu, Pemerintah melalui berbagai kebijakan terus mengupayakan agar laju penyebaran virus bisa ditekan sehingga kesehatan dan perekonomian kita dapat pulih kembali,” kata Ibrahim dalam siaran pers.

Baca juga: Juni 2021, Pemerintah Targetkan Bisa Vaksinasi Covid-19 Sebanyak 1 Juta Per Hari

Ibrahim mengatakan, jika kesehatan bisa teratasi maka peluang pulihnya ekonomi akan terbuka lebar.

Hal ini bisa dilihat dari konsumsi domestik yang meningkat. Pemulihan juga terlihat dari aktivitas manufaktur yang berada pada level ekspansif 50,9 pada Februari 2021, dan indeks kepercayaan konsumen yang juga terus membaik serta permintaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) terus meningkat.

“Berdasarkan perkembangan tersebut, pemulihan ekonomi Indonesia sudah berada pada jalur yang tepat. Indonesia juga merupakan salah satu negara yang mampu menurunkan angka kematian sembari mempertahankan kinerja ekonomi yang relatif baik,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com