Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Gaungkan Benci Produk Luar Negeri, Pedagang Pasar: Ini yang Kami Tunggu

Kompas.com - 04/03/2021, 17:07 WIB
Yohana Artha Uly,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) menyambut baik pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendorong kampanye cinta produk Indonesia dan benci produk luar negeri.

Ketua Bidang Organisasi DPP Ikappi Muhammad Ainun Najib mengatakan, hal itu merupakan pernyataan positif yang diharapkan masyarakat merespons ajakan Jokowi dengan meningkatkan belanja produk dalam negeri, khususnya dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Ini yang kami tunggu, setelah 10 tahun kami menggelorakan gerakan 'ayo kembali belanja ke pasar tradisional' untuk belanja ke warung rumahan, mencintai produk dalam negeri, dan produk-produk UMKM sendiri," ujar Ainun dalam keterangan tertulis, Kamis (4/3/2021).

Baca juga: Jokowi Gaungkan Benci Produk Luar Negeri, Mendag Siapkan Aturan Khusus

Menurut Ainun, dengan meningkatkan konsumsi pada produk dalam negeri akan sekaligus mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional, mengingat semua sektor ekonomi Indonesia saat ini terimbas pandemi Covid-19.

Ainun menekankan, jika tidak membangkitkan kembali sektor ekonomi yang terpuruk, maka Indonesia akan sulit bertahan untuk menghadapi pandemi.

"Krisis ekonomi akan terus terjadi selama kita sendiri tidak memutarkan produk-produk lokal untuk dikonsumsi di dalam negeri," imbuh dia.

Oleh sebab itu, menurut Ainun, penting untuk mengubah strategi menjadi kembali mencintai produk dalam negeri.

Sebab, diketahui beberapa komoditas pangan Indonesia masih dipasok dari luar negeri, seperti bawang putih, kedelai, jagung, hingga buah-buahan. 

Baca juga: Jokowi Gaungkan Benci Produk dari Luar Negeri, Pengamat: Itu Hanya Slogan

Ainun menilai, kampanye cinta produk lokal dan benci produk luar negeri menjadi momentum bagi petani untuk kembali bangkit meningkatkan produksi komoditas pangan dalam negeri.

"Masyarakat kita juga harus kembali sadar bahwa produk dalam negeri jauh lebih berkualitas dibanding produk luar negeri. Ini momentum berbenah," kata dia.

Ainun pun berharap, arahan Jokowi bisa diirespons baik oleh Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, dan masyarakat Indonesia untuk ikut membuat gerakan cinta produk dalam negeri dan ikut membangkitkan UMKM lokal.

"Ini saatnya kita berdiri di kaki kita sendiri dan memperkuat ekonomi nasional," kata dia.

Baca juga: Gunakan Platform Digital untuk Dongkrak Penjualan, UMKM Wajib Perhatikan Hal Ini

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta agar kampanye cinta produk-produk Indonesia terus digaungkan.

Namun, hal itu perlu dibarengi dengan kampanye membenci produk-produk luar negeri.

Menurutnya, kampanye cinta produk Indonesia dan benci produk luar negeri penting untuk dikumandangkan supaya masyarakat loyal terhadap hasil karya anak negeri.

"Bukan hanya cinta, tapi benci. Cinta barang kita, benci produk dari luar negeri. Sehingga, betul-betul masyarakat kita menjadi konsumen yang loyal sekali lagi untuk produk-produk Indonesia," ujar Jokowi dalam pembukaan Rapat Kerja Kemendag 2021, Kamis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com