Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merosot 20 Dollar AS, Harga Emas Turun ke Level Terendah 11 Bulan

Kompas.com - 09/03/2021, 07:34 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber Antara

CHICAGO, KOMPAS.com - Harga emas merosot lagi lebih dari satu persen pada akhir perdagangan Senin (8/3/20221) waktu setempat (Selasa pagi WIB), terperosok ke level terendah sejak April 2020 dan memperpanjang penurunan untuk hari keempat beruntun.

Penurunan harga logam mulia ini tertekan dollar AS dan imbal hasil obligasi Pemerintah AS yang terus meningkat. Naiknya greenback dan imbal hasil obligasi ini mendorong investor meninggalkan emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April di Divisi COMEX New York Exchange, anjlok lagi 20,5 dollar AS atau 1,21 persen ditutup pada 1.678,00 dollar AS per ounce.

Baca juga: Harga Emas Turun, Saatnya Beli?

Akhir pekan lalu, Jumat (5/3/2021), emas berjangka turun 2,2 dollar AS atau 0,13 persen menjadi 1.698,50 dollar AS per ounce.

Sementara pada Kamis (4/3/2021), harga emas juga melemah 15,10 dollar AS atau 0,88 persen menjadi 1.700,70 dollar AS  setelah terpangkas 17,8 dolar AS atau 1,03 persen menjadi 1.715,80 dolar AS pada Rabu (3/3/2021).

Indeks dollar AS yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, melonjak ke tertinggi tiga bulan. Sementara imbal hasil obligasi Pemerintah AS 10-tahun bertahan di dekat level tertinggi lebih dari satu tahun, meningkatkan peluang kerugian memegang logam mulia yang tidak memberikan imbal hasil.

"Kami memiliki ekonomi yang sedang pulih dan inflasi sedang terwujud; yang pada akhirnya berarti imbal hasil memiliki ruang untuk bergerak lebih tinggi," kata Bart Melek, Kepala Strategi Komoditas di TD Securities, menambahkan bahwa emas bisa jatuh ke bawah 1.660 dollar AS.

Melek juga mencatat bahwa lonjakan tak terduga dalam data penggajian (payrolls) non pertanian AS dan pasar saham yang kuat lebih merupakan cerminan dari ekonomi yang membaik dan bukan inflasi yang "sangat tinggi".

Emas sendiri dipandang sebagai lindung nilai terhadap inflasi.

Persetujuan Kongres AS atas rencana bantuan Covid-19 senilai 1,9 triliun dolar AS dari Presiden Joe Biden gagal membuat logam tetap bertahan.

Baca juga: Cara Membuka Tabungan Emas Pegadaian, Syarat, Biaya, dan Kekurangannya

Halaman:
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com