Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Menguat di Sesi I, Asing Borong Saham BBCA, TLKM, dan ARTO

Kompas.com - 10/03/2021, 12:30 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat pada penutupan perdagangan sesi I di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (10/3/2021).

Melansir RTI, IHSG pada sesi I menguat 0,9 persen di level 6.257,41. Total transaksi siang ini mencapai Rp 5,3 triliun dengan volume 13,3 miliar saham. Net buy asing siang ini Rp 403,9 miliar di seluruh pasar.

Sektor infrastruktur menyumbang kenaikan IHSG siang ini sebesar 1,8 persen, basic industri 1,4 persen, properti 1,2 persen, dan finance 1 persen.

Siang ini asing paling banyak borong saham Bank BCA (BBCA) sebesar Rp 47,4 miliar, saham Telkom Indonesia (TLKM) sebesar Rp 36,2 miliar, dan Bank Jago (ARTO) sebesar Rp 24,3 miliar.

Baca juga: OJK Naikkan Modal Disetor untuk Bursa Efek Jadi Rp 100 Miliar

Sementara itu, saham yang paling banyak dijual asing adalah Astra International (ASII) sebesar Rp 46 miliar, United Tractors (UNTR) sebesar Rp 29,2 miliar, dan Vale Indonesia (INCO) sebesar Rp 17,2 miliar.

Posisi teratas siang ini dipimpin oleh Mahaka Media (ABBA) dengan kenaikan 30,4 persen di level Rp 150 per saham, Summarecon Agung (SMRA) melejit 13,5persen di level Rp 1.005 per saham, dan ARTO sebesar 9,5 persen di level Rp 11.200 per saham.

Sementara itu, rupiah di pasar spot berbalik melemah setelah pagi tadi sempat menguat tipis. Melansir Bloomberg, rupiah siang ini berada di level Rp 14.408 per dollar AS atau melemah 2 poin (0,02 persen) dibandingkan dengan penutupan sebelumnya Rp 14.406 per dollar AS.

Baca juga: Cara Mendapatkan EFIN Online untuk Lapor SPT Tahunan

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com