Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Buku Ini Bisa Picu Kamu untuk Investasi, Apa Saja?

Kompas.com - 14/03/2021, 08:11 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -Investasi merupakan suatu keniscayaan bagi semua orang yang ingin masa depan keuangannya lebih baik.

Namun meski kita sudah mengetahui pentingnya berinvestasi, ternyata tetap saja ada yang merasa sukar untuk melakukannya. Oleh sebab itu dibutuhkan motivasi atau dorongan agar bisa melakukan investasi secara konsisten.

Ada beberapa hal yang bisa mendorong kamu untuk semangat dalam melakukan investasi.  Financial expert Philip Mulyana misalnya. Dia menyebutkan, dengan melihat 3 buku ini bisa membuat semangat kamu untuk berinvestasi terus terpelihara.

Baca juga: Guru Besar UI Soroti Pentingnya Ilmu Matematika Keuangan agar Paham Investasi

"Buku yang pertama itu adalah buku tabungan. Kalau misalnya buku tabungannya di akhir-akhir bulan makin lama makin dikit, dengan melihat buku tabungan, kita kembali termotivasi. Makanya sering-seringlah lihat buku tabungan," ujarnya dalam OVOFinTalk: InvestasiCuma Buat yang Udah Mapan, Benarkah? Kamis (11/3/2021) lalu.

Kemudian buku yang kedua adalah brosur rumah. Menurut dia, setiap tahunnya, harga rumah selalu mahal. Ketika seseorang sering melihat brosur-brosur rumah, bisa meningkatkan kesadarannya untuk terus berinvestasi.

Ketiga adalah brosur sekolah. Philip bilang, sekolah sama halnya dengan rumah, yakni harganya yang cenderung terus meningkat setiap tahunnya.

Bahkan kata dia, biaya untuk menyekolahkan anak untuk pendidikan jenjang SD hingga SMA, hampir serupa dengan biaya untuk perkuliahan.

"Makanya ketika melihat brosur sekolah, semangat untuk berinvestasi itu semakin terpacu. Jadi kalau motivasi inveastasi kamu menurun, baca saja buku-buku ini," ucap dia.

Baca juga: Beda dengan Jiwasraya, Investasi BP Jamsostek Dinilai Sesuai Kaidah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com