Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menjawab Pertanyaan Saat Wawancara Kerja

Kompas.com - 21/03/2021, 20:01 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat wawancara kerja, kamu akan dihadapkan berbagai pertanyaan dari pewawancara. Mulai dari yang sifatnya umum sampai pribadi. Dari dasar hingga teknis.

Namun ada satu pertanyaan yang hampir selalu ditanyakan pewawancara, yakni mengapa melamar pekerjaan ini. Tujuannya tentu saja memancing jawaban kamu.

Sebab ada saja pelamar melamar pekerjaan yang tidak sesuai jurusan pendidikan. Misalnya kamu sarjana pertanian, namun melamar pekerjaan sebagai wartawan atau digital marketing.

Hal ini membuat penasaran pewawancara untuk memperoleh jawaban langsung darimu. Jadi, pastikan kamu sudah mempunyai jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut agar nampak meyakinkan.

Berikut jawaban yang tepat untuk pertanyaan mengapa melamar pekerjaan ini, seperti dikutip dari Cermati.com:

  • Jawaban karena senang dengan tantangan baru

Saya tertantang dengan bidang marketing dan target-targetnya meskipun belum mempunyai pengalaman sebelumnya.”

Buat kamu fresh graduate jangan berkecil hati meski tanpa jam kerja atau pengalaman. Kamu dapat meyakinkan pewawancara dengan tekad kuatmu.

Katakan bahwa kamu adalah orang yang suka tantangan, sehingga melamar pekerjaan di bidang xyz sesuai dengan minatmu.

Jika kamu punya keberhasilan atau prestasi di bangku kuliah atau ketika magang yang berkaitan dengan tantangan ini, kamu bisa menceritakannya kepada pewawancara.

Dengan begitu, pewawancara akan melihat potensi yang ada di dalam dirimu. Dan memang kamulah kandidat yang mereka cari tanpa memandang skill ataupun pengalaman kerja.

  • Jawaban karena memang punya keahlian atau keterampilan di bidangnya

Saya melamar pekerjaan ini sesuai dengan keahlian yang saya miliki.”

Jawaban umum karena memang kamu sudah memiliki keahlian atau keterampilan di bidang pekerjaan yang Anda lamar. Misalnya melamar pekerjaan sebagai IT karena kamu jago programming.

Kemudian keahlian menggunakan platform tertentu seperti HTML, Java, dan lainnya. Juga menguasai database keamanan, mobile, ataupun developer web.

Tentu saja keahlian-keahlian ini dapat menjadi pertimbangan pewawancara untuk menerima kamu, termasuk bagi fresh graduate.

Walaupun belum punya pengalaman bekerja, minimal kamu membekali diri dengan keahlian dan keterampilan sehingga siap bekerja jika diterima.

  • Jawaban karena punya pengalaman kerja sebelumnya di bidang yang sama

“Alasan saya melamar pekerjaan ini karena sebelumnya saya pernah bekerja di bidang yang sama pada perusahaan abc, sehingga saya akan mampu bekerja sesuai tugas dan tanggung jawab yang diberikan.”

Melamar pekerjaan ini berdasarkan pengalaman. Ya, biasanya perusahaan mencari kandidat yang sudah pernah bekerja di bidang yang sama. Baik itu satu tahun, tiga tahun, atau lima tahun tergantung jabatan yang dilamar.

Pastinya kalau perusahaan mencari pelamar yang demikian, kamu akan menjadi daftar kandidat yang akan masuk tahap wawancara.

Baca Juga: Ingin jadi Sekretaris Profesional? Kuasai Skill Ini Dulu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com